Calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Lumajang yakni Thoriqul Haq-Lucita Izza Rafika dan Indah Amperawati-Yudha Adji Kusuma memaparkan visi misinya dalam debat perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Debat publik kali ini mengusung tema 'Memajukan daerah melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat untuk memperkokoh keberagaman yang berkebudayaan'," kata Ketua KPU Lumajang Henariza Febriadmadja dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Selasa.

Menurutnya acara debat publik perdana itu dapat menjadi referensi penting dan strategis bagi masyarakat Lumajang untuk menentukan pilihannya dalam prosesi pemungutan suara pada tanggal 27 November 2024.

Baca juga: Khofifah dan relawan bantu air bersih untuk warga kekeringan Lumajang

"Itu adalah sebuah kesempatan juga bagi masing masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang untuk memaparkan serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang visi misi dan program kerjanya," tuturnya.

Sekda Kabupaten Lumajang Agus Triyono mengatakan bahwa debat publik perdana tersebut mengutamakan penajaman visi-misi dari masing-masing pasangan calon.

"Debat publik itu salah satu upaya dari KPU untuk mengurangi adanya pemilih yang masih mengambang atau bingung menentukan pilihannya dengan pola pikir rasionalitas yang tinggi terhadap visi-misi dan program kerja masing-masing pasangan calon," katanya.

Ia berharap masyarakat Lumajang bisa semakin cerdas dengan program-program yang dipaparkan oleh masing-masing pasangan calon karena semua semua program yang disampaikan cabup-cawabup semuanya bagus dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Lumajang.

Cabup cawabup nomor urut 1, Thoriqul Haq-Lucita Izza Rafika (Cak Thoriq-Ning Fika) menyampaikan visi "Lumajang makmur berkeadilan, maju berkemakmuran" dengan misinya sebanyak 12 poin di antaranya menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan berbasis digital; kemudian mengintegrasikan ekonomi lokal dan regional secara berkelanjutan.

Selanjutnya menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban wilayah; menyediakan akses layanan kesehatan yang terjangkau dan bermutu; dan menjamin pemerataan akses pendidikan berkualitas.

Sementara cabup-cawabup nomor urut 2, Indah Amperawati-Yudha Adji Kusuma menyampaikan visi "Terwujudnya Lumajang yang amanah, manusiawi dan berkeadilan (AMAN)," dengan misinya sebanyak lima poin.

Misinya di antaranya mewujudkan masyarakat yang inklusif dan berkeadilan melalui pemberdayaan komunitas, inovasi teknologi, dan peningkatan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan kesempatan ekonomi; kemudian meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kebijakan ekonomi yang adil, transparan, dan berorientasi pada kesejahteraan sosial.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024