Pengurus Daerah Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jawa Timur periode 2024-2028 resmi dilantik dan siap bersinergi membangun provinsi setempat.

Ketua Umum IA-ITB Jawa Timur Lora Bisma menyatakan kesiapan organisasi untuk berkolaborasi dalam pembangunan Jawa Timur terutama pada sektor-sektor strategis.

"IA-ITB Jawa Timur siap berkolaborasi dalam pembangunan Jawa Timur," kata Lora Bisma dalam keterangan di Surabaya, Minggu.

Lora menyoroti potensi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) yang kini dilihat sebagai peluang dan tantangan dalam pembangunan.

Menurutnya, Jawa Timur yang memiliki posisi strategis sebagai hub rantai pasok nasional sehingga perlu dijadikan pusat industrialisasi berbasis sumber daya alam baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan.

"Industri pertanian, peternakan, dan perikanan yang selama ini menjadi tulang punggung ekonomi Jawa Timur harus disentuh teknologi untuk meningkatkan nilai tambahnya," ujarnya.

Ia menyebut pendekatan bioindustri sebagai solusi yaitu proses hulu hingga hilir bisa dipetakan untuk memaksimalkan nilai tambah.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melalui Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim Benny Sampirwanto mengajak IA-ITB Jatim untuk bersinergi dengan Pemprov Jatim.

Benny menyampaikan keyakinannya bahwa dengan kolaborasi antara pemerintah dan alumni IA-ITB maka kemajuan Jawa Timur bisa lebih cepat tercapai.

"Saya yakin sinergi antara pemerintah daerah dan IA-ITB dapat mempercepat kemajuan Jawa Timur menuju masa depan yang lebih baik," ujar Benny.

Benny juga menekankan bahwa tantangan ke depan tidak mudah, mengingat dinamika globalisasi, transformasi digital, dan perubahan iklim yang berdampak pada ekonomi dan sosial.

Namun, ia percaya IA-ITB Jatim mampu berperan sebagai katalisator perubahan dengan solusi inovatif.

"Saya mewakili Bapak Pj. Gubernur mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh pengurus yang baru dilantik. Semoga kepemimpinan baru ini membawa organisasi semakin maju dan berkontribusi positif bagi masyarakat serta membangun jejaring yang kuat di antara alumni," ujarnya.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024