Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa menyebutkan Bandara Dhoho Kediri berpotensi menjadi pengungkit perekonomian masyarakat khususnya Kediri Raya.

“Kami optimistis Bandara Dhoho akan mengungkit ekonomi masyarakat Kediri Raya dan daerah selatan Jatim. Tak hanya akses transportasi terlayani tapi distribusi logistik dan perdagangan juga akan terungkit,” katanya melalui keterangan yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa ini turut hadir dalam peresmian Bandara Dhoho Kediri sekaligus Ground Breaking Akses Jalan Tol di Kediri, pada Jumat (18/10) bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Presdir PT Gudang Garam Susilo.

Menurut Khofifah,  Bandara Dhoho yang sudah dioperasikan sejak April 2024 lalu itu menjadi sarana akses penting bagi Jawa Timur khususnya di wilayah Kediri Raya, selingkar Wilis, dan wilayah selatan Jatim.

Jika bandara ini semakin ramai rute penerbangan dan cargonya yang juga internasional maka akan sangat berpotensi menjadi gerbang perluasan pasar sektor agropolitan Jatim.

Oleh sebab  itu, Bandara Dhoho akan menjadi kekuatan yang luar biasa untuk membangun keseimbangan pertumbuhan wilayah Utara dan Selatan Jawa Timur.

“Terlebih bandara ini  akan ditunjang dengan akses tol. Tentu ini sangat membahagiakan bagi Jatim karena akses dan konektivitas antar daerah akan sangat terdorong,” ujar Khofifah.

Selain itu, Bandara Internasional Dhoho pun direncanakan akan  melayani penerbangan haji dan umroh yang menyediakan penerbangan langsung ke Jeddah maupun Madinah.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menuturkan kehadiran Bandara Dhoho akan memberi konektivitas dan ekonomi di selatan Pulau Jawa.

Luhut mengatakan Bandara Dhoho menjadi proyek percontohan pertama di Indonesia dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yakni proyek dari pihak swasta dan didukung oleh pemerintah.

"Kehadiran Bandara Dhoho Kediri mencerminkan kolaborasi efektif antara sektor publik dan sektor swasta," katanya.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 ada tiga pasangan calon yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024