Relawan Jatim Sehat yang terdiri dari tenaga kesehatan lintas profesi resmi mendeklarasikan dukungan mereka untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2024.

Melalui keterangan yang diterima di Surabaya, Sabtu, dukungan tersebut disampaikan Relawan Jatim Sehat yang merupakan gabungan dari dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat, analis medis, dan farmasis di Jawa Timur total anggota 16.000 tenaga kesehatan, usai debat publik bertema kesehatan oleh Cagub-Cawagub di Surabaya, Jumat (19/10).

Deklarasi ini disampaikan dalam pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan dari 22 kabupaten/kota, termasuk delegasi dari daerah terjauh seperti Kepulauan Sumenep, Banyuwangi, dan Ngawi. 
 
Dalam pertemuan ini, para perwakilan tenaga kesehatan menyatakan komitmen mereka untuk memperjuangkan peningkatan kesehatan masyarakat Jawa Timur bersama Khofifah-Emil.
 
Koordinator Relawan Jatim Sehat dr. Nauval Damas menyampaikan bahwa para tenaga kesehatan dari berbagai daerah mengaku kagum terhadap program kesehatan yang diusung oleh Khofifah-Emil. 
 
“Program kesehatan Khofifah Emil tidak hanya inovatif dan tepat sasaran, tetapi juga sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dr. Nauval. 
 
Ia juga menambahkan bahwa kebiasaan Khofifah-Emil membawa tim kesehatan ketika blusukan di pasar-pasar menjadi salah satu hal yang sangat diapresiasi oleh masyarakat Jatim dan sangat berpotensi untuk direplikasi.

Bidan Rini Antika, dari Sumenep yang juga mewakili seluruh nakes dalam delegasi ini, juga menyampaikan rasa bangga bisa mendukung Khofifah Emil. 
 
Menurutnya, program-program kesehatan seperti poskesdes (Pos Kesehatan Desa) yang digagas Khofifah-Emil akan semakin melibatkan banyak tenaga kesehatan di masa depan. 
 
"Saya senang melihat perhatian khusus yang diberikan Khofifah-Emil, terutama dengan seringnya pengiriman tenaga kesehatan ke pulau-pulau terpencil di Sumenep, ini yang membuat ibu Khofifah dan mas Emil semakin dicintai," ungkap Rini.
 
Perwakilan Tim Pemenangan Pilgub (TPP) Khofifah Emil sekaligus Juru Bicara, dr Makhyan Jibril, menyambut baik apresiasi dan deklarasi dari para Relawan Jatim Sehat. 
 
“Dukungan ini menunjukkan bahwa pasangan Khofifah Emil telah berhasil meraih simpati para tenaga kesehatan se-Jawa Timur melalui program kerja yang tepat sasaran, terutama yang telah tersampaikan dalam debat semalam,” tutur Makhyan. 
 
Ia berharap dengan adanya deklarasi dukungan ini, makin banyak tenaga kesehatan yang berseiring dengan Khofifah Emil sehingga manfaat kesehatan lebih diperluas dan dinikmati oleh masyarakat Jawa Timur.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 ada tiga pasangan calon yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024