Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Jawa Timur, mengganti tanggal pelaksanaan agenda debat publik ketiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Kota Malang M Toyyib di Kota Malang, Sabtu, mengatakan mundurnya jadwal debat lantaran adanya pelaksanaan agenda orientasi tugas dari KPU Republik Indonesia sehingga debat pertama yang semula dijadwalkan 21 Oktober menjadi 26 Oktober 2024.

"Penggantian itu dikarenakan bertepatan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU RI, yaitu orientasi tugas. Maka debat pertama dilaksanakan 26 Oktober dari sebelumnya 21 Oktober," kata Toyyib.

Dia juga menyatakan penggantian tanggal debat dimaksudkan agar seluruh komisioner bisa hadir di hari H pelaksanaan agenda tersebut.

Kendati demikian, seluruh persiapan saat ini sudah matang, mekanisme penyelenggaraan beserta tema telah ditetapkan.

"Debat kedua 9 November dan debat ketiga 20 November 2024," ucapnya.

Adapun tema debat yang disertakan pada Pilkada Kota Malang 2024 yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah dengan provinsi dan nasional, serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

"Nanti tema besar ini kami berikan kepada perumus karena ada unsur lokalitas yang perlu disesuaikan, misalnya Kota Malang terkait kesejahteraan masyarakat itu seperti apa penerapannya," ujarnya.

Tema debat yang dicantumkan diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Malang.

"Jumlah perumus lima orang dengan masa kerja mulai debat pertama sampai ketiga. Kalau panelis total ada 15 orang dengan latar belakang akademisi, profesional, dan toko masyarakat, setiap debatnya panelis berbeda," tutur Toyyib.

Pilkada Kota Malang 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin nomor urut 1, Heri Cahyono-Ganisa Pratiwi Rumpoko nomor urut 2, dan M Anton-Dimyati Ayatullah nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024