PDI Perjuangan menilai pasangan calon gubernur Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta Gus Hans memiliki persiapan yang lebih matang pada debat perdana Pilkada Jawa Timur.

"Bu Risma sudah mengikuti debat publik sebanyak tiga kali ketika menjadi Wakil Wali Kota dan dua kali saat menjadi Wali Kota. Jejak digitalnya sangat bagus dalam hal ini, sehingga persiapan-nya untuk debat kali ini lebih matang," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno, melalui keterangannya diterima di Surabaya, Kamis.

Ia menuturkan paslon nomor urut 3, memaknai momen debat sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan kepemimpinan yang visioner dan solutif bagi masyarakat Jawa Timur.

Legislator asal Malang Raya tersebut mengungkapkan, jejak digital Risma dalam debat-debat sebelumnya sudah cukup memberikan gambaran tentang kemampuannya dalam berargumen dan menyampaikan gagasan.

Menurut Untari, pengalaman Risma bukan hanya dalam ranah pemerintahan lokal, tetapi juga nasional.

"Setelah berhasil memimpin Surabaya dengan berbagai penghargaan dan prestasi, ia dipercaya menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Baca juga: Calon Gubernur Luluk percaya diri hadapi debat Pilkada Jatim

Baca juga: Unair nyatakan siap jadi panelis debat Pilkada Jawa Timur

Jabatan sebagai Menteri Sosial memberikan Risma pandangan yang lebih luas mengenai berbagai isu sosial di tingkat nasional, termasuk kemiskinan, ketimpangan ekonomi, serta berbagai permasalahan sosial lainnya yang juga relevan di Jawa Timur.

"Saya percaya Bu Risma akan tampil prima karena pengalamannya sebagai Wali Kota dan Menteri Sosial telah memberikan banyak pelajaran berharga dalam memahami persoalan yang ada di masyarakat," imbuhnya.

Di sisi lain, Untari menjelaskan Gus Hans yang merupakan pasangan Risma dalam Pilkada Jawa Timur 2024 juga memiliki kesiapan yang matang. Sebagai seorang ulama muda, Gus Hans tidak hanya dikenal sebagai pemimpin spiritual, tetapi juga sebagai politisi yang memiliki visi modern.

Sebagai informasi, untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 ada tiga pasangan calon yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024