Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 2 Maidi-Bagus Panuntun (MADIUN) menyatakan siap menyempurnakan pembangunan di masa kepemimpinan periode pertama untuk mewujudkan Kota Madiun maju mendunia periode berikutnya.  

"Terima kasih KPU dan Alhamdulillah kita bisa mengikuti setiap tahapan-tahapan pilkada ini. Di sini, kalau ada program kurang sempurna disampaikan paslon lain, maka paslon Madiun nomor urut 2 siap melanjutkan," ujar Cawali Kota Madiun Maidi seusai debat publik pertama di Hotel Aston Madiun, Rabu (16/10/2024).

Menurutnya, butuh waktu untuk membangun Kota Madiun secara utuh. Karena saat kepemimpinannya di tengah periode, pandemi COVID-19 melanda. Sehingga sejumlah program harus ditunda lantaran adanya "refocusing" anggaran.

"Paslon nomor urut 2 akan bisa melanjutkan dan menyempurnakan periode pertama. Program jalan kita evaluasi jika perlu ditambah menuju kesejahteraan ke depan," katanya.

Masyarakat diharapkan jeli dan paham memilih kepala daerah di Kota Madiun untuk lima tahun ke depan. Pihaknya menyebut pimpinan yang baik itu yang bisa mengukur kinerja, sudah pengalaman, dan ada hasilnya. Bukan sosok pemimpin yang baru mencari pengalaman dan belum terbukti kinerja, pengalaman, dan hasilnya. 

"Paslon nomor 2 bekerja berdasarkan pengalaman bukan mau cari pengalaman. Sudah teruji satu periode," katanya.

Sementara itu Calon Wakil Wali Kota F Bagus Panuntun menjelaskan terkait program Peceland yang ditanyakan oleh paslon lain dalam debat publik, menurutnya program tersebut bukan tak berhasil, melainkan ditunda karena anggaran yang di-refocusing imbas pandemi.

"Peceland merupakan project besar. Tentu akan ditawarkan. Kita semua tahu tertunda akibat pandemi COVID-19 karena refocusing anggaran refocusing," kata dia.

Selain itu, penundaan Peceland lanjutnya kesepakatan bersama seluruh pihak. Selain pemerintah pusat, juga keputusan wakil rakyat di DPRD Kota Madiun. 

"DPRD tahu, saya di DPRD tahu anggaran ditarik. Sehingga, tidak mungkin dilaksanakan," katanya.

Pada debat publik perdana Pilkada Kota Madiun 2024, KPU Kota Madiun bersama panelis mengusung tema soal sosial, ekonomi, hukum, lingkungan, dan tata kelola pemerintahan.

Pilkada Serentak 2024 di Kota Madiun diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 Inda Raya Ayu Miko Saputri-Aldi Dwi Prastianto (Dadi Juara) yang diusung PDI Perjuangan. Pasangan nomor urut 2 Maidi-Bagus Panuntun (Madiun) yang diusung koalisi enam partai politik, yaitu Partai NasDem, PKS, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PSI.

Untuk nomor urut 3 ada pasangan Bonie Laksmana-Bagus Rizki (Bonus) yang diusung Partai Golkar dan Perindo.(*)




 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024