Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menghadirkan kapal cepat rute Pelabuhan Jangkar (Situbondo) menuju Pulau Raas, Kalianget, Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura.

Terobosan Pemkab Situbondo itu tentunya juga berkolaborasi dan mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan Pemprov Jawa Timur, ASDP dan KSOP untuk terus meningkatkan pelayanan khususnya di bidang transportasi laut.

"Alhamdulillah fasilitas kapal cepat di Pelabuhan Jangkar mulai beroperasi hari ini. Kapal cepat ini melayani angkutan penumpang menuju kepulauan di Madura," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Rikwan Sugihartono di Situbondo, Selasa.

Dengan hadirnya kapal cepat rute Situbondo-Madura ini, lanjut dia, penumpang tidak harus menunggu lama untuk sampai ke Madura karena kapal tersebut hanya butuh waktu dua jam untuk sampai, dibandingkan kapal feri yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar empat jam.

Rikwan mengatakan kapal cepat memiliki kapasitas yang besar dan satu kali berangkat mampu mengangkut sebanyak 337 orang dengan fasilitas penumpang nyaman.

"Perlu kami sampaikan kapal cepat ini hanya untuk mengangkut penumpang atau orang dan barang bawaan maksimal 20 kilogram," kata dia.

Rikhwan berharap aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Jangkar perlu mendapat dukungan dari semua pihak sehingga dapat beroperasi maksimal.

"Semua pihak diharapkan dapat terlibat aktif menjaga dan mendukung aktivitas angkutan laut ini," tutur dia.

Informasi diperoleh ANTARA, keberangkatan kapal cepat rute Situbondo-Madura ini dua kali dalam seminggu, yakni pada Selasa dan Kamis.

Hadirnya kapal cepat ini tidak mempengaruhi angkutan kapal feri yang sudah lama beroperasi di Pelabuhan Jangkar, karena kapal ini untuk angkutan alternatif bagi penumpang.

Untuk tarif tiket kapal cepat bervariasi, bagi penumpang tujuan Jangkar-Pulau Raas sebesar Rp180.000, sedangkan Jangkar-Sapudi Rp210.000, dan Jangkar-Kalianget Rp250.000.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024