Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan sejumlah infrastruktur mendukung Provinsi Jatim sebagai gerbang menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) karena memiliki peran strategis sebagai wilayah penghubung atau megapolitan hub di Jatim.

Penjabat Sementara (PJs) Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani di Kota Surabaya, Senin mengatakan Kota Surabaya juga terbukti telah mencapai berbagai prestasi sehingga menjadi contoh bagi kabupaten atau kota lainnya di Provinsi Jatim.

"Indikator keberhasilan Pemprov Jatim juga terjadi di Kota Surabaya, penurunan kemiskinan, peningkatan investasi, kebutuhan pangan dan sebagainya. Pemkot Surabaya juga terus melengkapi infrastruktur," kata PJs Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Halaman Balai Kota Surabaya, Senin.

Ia mengatakan, Pemkot Surabaya juga terus mengembangkan objek pariwisata sehingga bisa menarik minat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Baca juga: PJs Wali Kota Surabaya dorong peningkatan kemampuan mitigasi Tagana

"Ini terus diupayakan karena Surabaya menjadi kota tujuan dari Jawa Timur, tentunya Pemkot Surabaya terus melakukan pemenuhan pelayanan masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam aspek pemenuhan pelayanan masyarakat, Pemkot Surabaya terus menyasar tiap wilayah di Kota Pahlawan. Bahkan, Kota Surabaya selalu menjadi rujukan atau percontohan bagi kabupaten atau kota di Jatim. Apalagi Kota Pahlawan telah berhasil meraih prestasi dengan menyabet berbagai penghargaan.

"Ada prestasi di sektor investasi, kemudian kinerja pemkot meraih SAKIP AA yang merupakan rujukan kabupaten/kota untuk menyaksikan atau belajar praktik baik di Surabaya. Sehingga Surabaya bisa mencapai kinerja baik dengan nilai sangat memuaskan," ucapnya.

Ia mengatakan, Pemkot Surabaya melakukan terobosan penting dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam mengintegrasikan sistem perencanaan dan pengukuran kinerja birokrasi.

"Kemudahan yang disajikan Pemkot Surabaya inilah yang mendukung Jawa Timur menjadi gerbang untuk menuju IKN," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024