Aparat Polres Pamekasan, Jawa Timur memperketat penjagaan di gudang penyimpanan logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Selain sebagai upaya antisipasi, upaya memperketat penjagaan ini juga untuk memastikan agar pelaksanaan pengamanan sesuai dengan prosedur tetap yang telah kita tetapkan," kata Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat.

Orang nomor satu di Mapolres Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, semua hal yang berkaitan dengan pemilu harus steril dari berbagai jenis gangguan dan ancaman, terutama pada objek vital Pilkada 2024 termasuk gudang penyimpanan logistik.

Ia juga menekankan kepada petugas keamanan agar memperketat keamanan tidak hanya di kantor KPU dan gudang penyimpanan logistik, akan tetapi juga institusi pengawas pemilu, yakni Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan.

"Karena itu, kami menekankan kepada anggota yang melaksanakan pengamanan agar bertugas dengan penuh tanggung jawab dan sesuai SOP. Pastikan benar-benar aman, jangan sampai lengah, apalagi saat ini tengah berlangsung tahapan kampanye,” katanya, menjelaskan.

Pilkada 2024 di Kabupaten Pamekasan diikuti tiga pasangan calon, yakni Fattah Jasin-Mujahid Ansori (Tauhid) nomor urut 1, K,H. Kholilurrahman-Sukriyanto (Kharisma) nomor urut 2, dan Mohammad Baqir Aminatullah-Taufadi (Berbakti) nomor urut 3.

Pasangan Tauhid diusung koalisi Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Golkar, PSI, Garuda, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian pasangan Kharisma diusung Partai Demokrat, Gelora, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai NasDem.

Sedangkan pasangan Berbakti diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Perindo.

KPU Kabupaten Pamekasan telah menetapkan 1.270 TPS pada Pilkada 2024, yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan dengan jumlah pemilih sebanyak 666.048 orang (321.417 orang laki-laki dan 344.631 orang perempuan).

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024