Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memastikan bahwa pemerintah provinsi memberikan atensi khusus terhadap percepatan pengembangan industri kreatif dengan melakukan sejumlah langkah konkret untuk kemajuan industri ini.

Pj Gubernur dalam keterangan di Surabaya, Selasa, mengatakan, Pemprov Jatim akan terus memperkuat sektor ekonomi kreatif, khususnya bagi pengembangan dan kemajuan industri gim di wilayah setempat, baik dari sisi regulasi, program maupun anggarannya.

"Saya kira ke depan karena jumlah peminatnya sangat banyak, kami sudah dari tahun kemarin mengalokasikan bagaimana jumlah SDM yang dilatih untuk tenaga IT maupun tenaga animasi serta potensinya dan sekolahnya," katanya

Langkah tersebut pun mendapatkan apresiasi secara langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Menteri ATR/BPN deklarasikan 46 kabupaten/kota lengkap

"Saya pikir Jawa Timur akan kami kembangkan betul, dan hasilnya yang kita ekspor ke luar negeri untuk tenaga animasi cukup banyak setiap tahunnya," ujarnya.

Untuk menunjang percepatan pengembangan industri gim ini, kata Adhy, Pemprov Jatim telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan digital IT dan universitas luar negeri, untuk mencetak tenaga-tenaga handal dan profesional di bidang IT yang siap berkiprah di industri tersebut.

Sementara terkait kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri, Adhy menyebut bahwa Jawa Timur menggandeng King’s College University dan West Australian University yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk menelurkan SDM yang siap diberdayakan di industri yang berkembang pesat ini.

"Malang yang terkenal menghasilkan tenaga-tenaga yang paling banyak di bidang sub sektor aplikasi dan gim, baik yang di Millenial Job Center (MJC) yang mengajarkan aplikasi dan gim," katanya

Sedangkan di KEK Singhasari juga ada kampung animasi, konten garasi, coding factory, kita juga bekerja sama dengan king college university untuk digital future dan digital economy_.

"Dan juga dengan Western Australian university dengan lima jurusan salah satunya animasi," ujarnya.

Ke depan, Adhy berharap kolaborasi dan sinergi antar semua stakeholder dalam melakukan percepatan dan pengembangan Industri IT, khususnya gim lokal, mampu mengangkat citra Jawa Timur bersaing dengan Industri-industri IT luar negeri

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan terima kasih atas atensi nyata yang dilakukan oleh Pj Gubernur Jatim terkait digitalisasi ekonomi kreatif, khususnya pengembangan industri digital di Jawa Timur.

"Tepuk tangan untuk pak Adhy Karyono, berkat keilmuan beliau saya salut, karena sudah real bergerak," katanya usai mendengar Pj Gubernur Jatim Adhy menyampaikan rencana aksi Pemprov Jatim

Begitu pun juga yang disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar ada aktivasi rencana aksi daerah untuk pengembangan gim Lokal.

"Saya mengapresiasi rencana aksi daerah untuk empat indikator aksi daerah, terimakasih kepada 11 provinsi, antara lain, DK Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, Lampung, Sumut, Bali, DIY, Kaltim, Kepulauan Riau," katanya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024