Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) memastikan kesiapan kegiatan "Tegalboto Memanggil ke-3" dengan melakukan koordinasi bersama (Unej) dan BTN Syariah di Aula LPMPP lantai 2 Gedung Soedjarwo kampus setempat, Senin.

Wakil Koordinator Tegalboto Memanggil, Muhamad Sholeh Masyhoedi bertemu langsung dengan jajaran Unej, di antaranya Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fendi Setyawan dan Kabiro Akademik Unej Mohamad Jazuli untuk membahas berbagai kesiapan teknis.

"Rangkaian acara Tegalboto Memanggil ke-3 sesuai jadwal akan dilaksanakan pada 14-17 Oktober 2024," kata Wakil Koordinator Tegalboto Memanggil, Muhamad Sholeh Masyhoed di Jember.

Menurutnya persiapan sudah dilakukan cukup lama sejak bulan Maret 2024 dan akhirnya disepakati mengusung tema besar "Kesejahteraan dan Keadilan Menuju Indonesia Emas 2045".

Ia menjelaskan ada tiga kegiatan besar yang diagendakan  yakni pertama jurnalistik coaching clinic pada 15 Oktober 2024 dan pada kegiatan tersebut penyelenggara mendatangkan jurnalis-jurnalis senior yang merupakan alumni dari Unej di antaranya Direktur Utama LKBN Antara Akmad Munir, Agung Sedayu, jurnalis senior Majalah Tempo Khudori.

Selain nama-nama tersebut, masih ada lagi Hadi Winarto jurnalis di Metro TV, Pung Purwanto jurnalis di Sindonews serta Bambang A Wijarnarko yang merupakan kurator seni. 

Topik jurnalistik dianggap cukup menarik karena banyak alumni Unej mencapai pucuk kepemimpinan di beberapa media, padahal Unej belum memiliki Fakultas Komunikasi. 

"Teman-teman sempat mikir, kapan ya Unej punya Fakultas Komunikasi atau paling tidak jurusan komunikasi, sehingga diharapkan akan tumbuh jurnalis-jurnalis baru alumni Unej yang akan menggantikan generasi saat ini," tuturnya.

Berikutnya adalah fortifikasi dan diharapkan dengan seminar, workshop serta pemberian bantuan bahan pokok beras, fortifikasi dapat membantu mengentaskan permasalahan stunting menuju Indonesia Emas di tahun 2045 karena dapat membantu pemerintah menurunkan angka stunting mendekati zero walaupun tidak absolut.

"Nantinya akan ada pemecahan Rekor Muri melalui kegiatan sarapan bergizi dengan bahan pokok beras fortifikasi yang diikuti 1.000 peserta pada 16 Oktober 2024 bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia," katanya.

Selanjutnya kegiatan ketiga adalah entrepreneur coaching clinic yang akan dilaksanakan di Kampus Unej Bondowoso dan untuk workshop dilakukan di pendopo kabupaten, sehingga kegiatan tidak harus terpusat di Jember dan itu penghargaan Kauje Korda Bondowoso sebagai Korda dengan anggota terbanyak.

Ia menjelaskan pihaknya tidak dapat melakukan tanpa adanya dukungan dari Universitas Jember dan menyampaikan terima kasihnya karena Unej selalu mengamini kegiatan yang kesekian kalinya tersebut.

Kabiro Akademik Unej Jazuli mengatakan kegiatan Tegalboto Memanggil itu masuk dalam rangkaian Dies Natalis Unej ke-60, sehingga perlu adanya koordinasi secara intens agar agenda bersama tersebut dapat terlaksana dengan baik.

"Dalam kegiatan-kegiatan ini perlu dilakukan koordinasi agar jelas pada saat pelaksanaan. Kami memastikan untuk tempat dan kelengkapannya serta keperluan lain telah disiapkan," ujarnya.

Tim Unej diberikan amanah oleh pimpinan untuk pelaksanaan Tegalboto Memanggil yang merupakan bagian dari kegiatan dies natalis Kampus Unej ke-60.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024