Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Jawa Timur, Fitria Yuliani mengatakan sebanyak enam tema disertakan dalam pelaksanaan debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kami sudah ada enam tema yang akan diangkat, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan menyelesaikan persoalan daerah," kata Fitri.

Kemudian, lanjutnya, ada tema mengenai menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah Kota Malang dengan provinsi dan nasional, memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

Dia menjelaskan masing-masing jadwal debat akan mencantumkan dua tema yang saat ini masih terus dimatangkan alur dan konsepnya pembahasannya.

"Kami masih menentukan tema mana yang akan dimasukkan ke debat pertama, kedua, dan ketiga," ucapnya.

Pelaksanaan debat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang diselenggarakan tiga kali sesuai aturan Pasal 19 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2024.

KPU Kota Malang pun sudah menetapkan tanggal pelaksanaan debat, yakni pada 21 Oktober, 5 November, dan 20 November 2024.

Selain itu, pada debat Pilkada Kota Malang 2024, kata Fitri, setiap pelaksanaannya menghadirkan lima panelis yang berasal dari kalangan akademisi dan profesional.

"Jadi total 15 panelis, setiap debat beda-beda orangnya. Kalau untuk nama masih belum ditentukan siapa," ujarnya.

Guna menjamin kondusivitas dan kelancaran debat pasangan calon KPU Kota Malang akan melakukan pembatasan jumlah tim dari partai pengusung maupun simpatisan yang hadir secara langsung di lokasi acara.

"Pembatasan jumlah simpatisan ada, kami tuangkan di dalam petunjuk teknis. Untuk lokasi sama jam pelaksanaan masih belum ditentukan, karena kami kemarin baru menetapkan jadwal saja," tuturnya.

Pilkada Kota Malang 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin nomor urut 1, Heri Cahyono-Ganisa Pratiwi Rumpoko nomor urut 2, dan M Anton-Dimyati Ayatullah nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024