Komando Distrik Militer (Kodim) 0823/Situbondo, Jawa Timur, siap mendukung dan menyukseskan kepemimpinan nasional, salah satunya pelaksanaan program Makan Siang Bergizi yang merupakan program Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

"Sudah jelas bahwa TNI siap mendukung dan menyukseskan kepemimpinan nasional yang sebentar lagi akan terjadi transisi dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto," kata Komandan Kodim 0823/ Situbondo Letkol Inf Alexander AB usai upacara peringatan HUT Ke-79 TNI, di Situbondo, Sabtu.

Menurut dia, sampai saat ini progres tempat atau lokasi pelaksanaan program Makan Siang Bergizi di Situbondo dalam proses pembangunan.

Baca juga: Kodim dan Pemkab Situbondo tanam 10.500 tanaman buah di lahan kritis

Setelah Presiden terpilih Prabowo Subianto dilantik, kata dia, akan dibentuk suatu kelembagaan khusus untuk menangani langsung program Makan Siang Bergizi di Situbondo.

"Sudah jelas dan tegas kami dari TNI siap menyukseskan semua program pemerintahan baru dan siap untuk mengawal dan membantu pemerintah daerah dalam menyesuaikan dan meyakinkan semua program akan terealisasi," ucap  Alexander.

Dia juga dengan tegas menyampaikan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto agar tetap menjaga netralitas TNI pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Pada Pilkada serentak 2024 sudah harga mati buat kami. TNI dalam setiap kontestasi pemilu maupun pilkada, posisi kami jelas netral, kami TNI/Polri harus dalam posisi netral tidak memihak kepada salah satu pasangan calon," ucap Alexander.
Dandim 0823/ Situbondo Letkol Inf Alexander AB foto bersama dengan tamu undangan usai upacara peringatan HUT Ke-79 TNI di halaman Kodim 0823/ Situbondo, Jatim. Sabtu (5/10/2024).  ANTARA/Novi Husdinariyanto


Upacara Memperingati HUT ke-79 TNI dilaksanakan di halaman Kodim 0823 dan peserta upacara diikuti Komandan Puslatpur 5 Marinir Baluran, Dodiklatpur Rindam V/ Brawijaya, Polres Situbondo, Penjabat Sementara Bupati Situbondo, Pramuka, Rutan Situbondo, kejaksaan, Pramuka, Pemuda Pancasila, Satpol PP, dan para purnawirawan TNI.

Dalam kesempatan itu, juga Dandim 0823 Letkol Inf Alexander dan Forkopimda setempat memberikan taliasih kepada para purnawirawan TNI sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada mereka yang sudah berjasa.

Pada upacara peringatan HUT Ke-79 TNI, juga prajurit TNI membacakan Sapta Marga TNI yang merupakan pedoman hidup dan kepribadian yang mendalam bagi setiap prajurit TNI.
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024