Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai melakukan seleksi administrasi terhadap sekitar 8.700 orang pendaftar calon kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilihak Kepala Daerah Serentak 2024.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Situbondo Agita Primasanti, Rabu, mengungkapkan rekrutmen kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS telah dibuka sejak 17--28 September 2024.

"Sampai dengan hari terakhir pendaftaran ada sekitar 8.700 orang pendaftar sesuai laporan dari teman-teman petugas pemungutan suara atau PPS tingkat desa," ujarnya.

Menurut Agita, pada hari ini KPU akan mengumumkan hasil seleksi administrasi calon KPPS melalui petugas pemungutan suara (PPS) yang tersebar di 136 desa/kelurahan.

Ia menyebutkan, kebutuhan petugas KPPS sebanyak 7.210 orang dan mereka akan bertugas di masing-masing tempat pemungutan suara atau TPS.

"Ada sebanyak 7 orang petugas KPPS yang akan bertugas di 1.030 tempat pemungutan suara (TPS) pada saat hari pemungutan suara, pada 27 November mendatang," ujar Agita.

Ia menjelaskan bahwa masa kerja petugas KPPS adalah satu bulan yakni dari tanggal 7 November sampai 8 Desember 2024.

"Namun, mereka akan bekerja penuh pada hari pemungutan suara 27 November mendatang," ucap Agita.

KPU akan mengumumkan hasil rekrutmen KPPS pada tanggal 7 November 2024 sekaligus melakukan pelantikan terhadap 7.210 KPPS.

Komisioner KPU Kabupaten Situbondo terus bekerja ekstra setiap tahapan Pilkada Serentak 2024, mulai mempersiapkan tenaga penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan, desa hingga pembentukan petugas KPPS.

KPU juga telah memberikan pelayanan tiap tahapan kepada masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati, mulai tahapan pendaftaran hingga saat ini memasuki masa kampanye hingga 23 November mendatang.

Di Situbondo ada dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, pasangan nomor urut 2 dari petahana, yakni Karna Suswandi - Nyai Khoirani dan pasangan calon nomor urut 1 Yusuf Rio Wahyu Prayogo - Ulifiyah.

Kedua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Situbondo itu sebelumnya juga sudah melaksanakan Deklarasi Kampanye Damai di halaman Kantor KPU Kabupaten Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024