Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan bahwa kirab "Pataka Jer Basuki Mawa Beya" yang diterima di Kota Kediri sebagai bagian dari ajakan kepada masyarakat untuk ikut serta menciptakan Pilkada 2024 secara damai.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri Samsul Bahri menjelaskan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya yang digelar ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini istimewa sebab bersamaan dengan agenda politik, Pilkada 2024, sehingga momentum ini bisa menjadi sarana pemerintah dalam menyerukan pilkada damai.

"Dengan Kirab Pataka ini diharapkan jajaran terkait bisa bersinergi untuk menciptakan pilkada yang aman, damai, sukses dan tidak ada halangan apapun di Jawa Timur umumnya dan khususnya di Kota Kediri," katanya di Kediri, Rabu.

Ia menambahkan, dengan kirab ini masyarakat juga sekaligus bisa mengenal Jer Basuki Mawa Beya yang merupakan lambang kebanggaan Provinsi Jawa Timur. Kirab ini menyambut HUT Ke-79 Provinsi Jatim yang jatuh pada Tanggal 12 Oktober 2024.

Iring-iringan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya sebelumnya telah singgah di beberapa kota di Jatim dan kini tiba di Kota Kediri. Rombongan sebelumnya datang dari Kabupaten Nganjuk.

Penyambutan Kirab Pataka ini dilakukan dengan menggelar apel serah terima yang berlangsung di Halaman Balai Kota Kediri. Prosesi diawali dengan penyerahan Lambang Jer Basuki Mawa Beya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Nganjuk kepada Sekda Kota Kediri Bagus Alit yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kota Kediri.

Selain itu dilakukan pula penyerahan Lambang Satuan Polisi Pamong Praja Wibawa, Lambang Satuan Perlindungan Masyarakat dan Lambang Pemadam Kebakaran Yudha Brama Jaya.

Selesai penyerahan, Sekretaris Daerah Kota Kediri membacakan Ribka Prasasti di hadapan para peserta apel yang terdiri dari Polres Kediri Kota, Bawaslu, KPU, Satpol PP, Tagana, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan BPBD Kota Kediri.

Acara apel serah terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini dihadiri pula oleh perwakilan Forkopimda dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri.

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya tersebut direncanakan berlangsung selama 19 hari untuk menuju ke-38 kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Setelah Kota Kediri, Kirab Pataka akan meneruskan perjalanan menuju Kabupaten Kediri. Pataka dibawa oleh tim kirab yang terdiri dari Satpol PP, Satlinmas, BPBD, Dishub, Damkar, TNI/Polri dan instansi terkait lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024