Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meninjau progres pembangunan sirkuit balap yang ada di wilayah Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan dan sejauh ini berjalan cukup baik.

"Insya Allah kalau sesuai dengan kontraknya nanti tanggal 22 Desember 2024 sirkuit ini bisa selesai dan akan menjadi destinasi spot olahraga dan destinasi wisata sehingga bisa dinikmati warga Magetan," ujarnya di Magetan, Rabu.

Menurut dia, sejak masterplan dibuat pada Desember 2023, kini progres pembangunan sirkuit balap tersebut sudah dalam tahap pengerjaan, di mana area lintasan sudah diratakan dan mulai dilakukan penghalusan material sirkuit.

Ketika melihat pembangunan sirkuit lintasan balap, Pj Gubernur optimistis sirkuit itu akan memiliki lintasan yang bagus sesuai dengan prototipe-nya.

Ia menjelaskan, proses awal perencanaan sirkuit balap terinspirasi dan prestasi dari sosok Mario Aji pembalap Moto3 asal Magetan, Jawa Timur.

Saat itu, Pj Gubernur Adhy menjabat sebagai Sekdaprov Jatim yang mengalokasikan anggaran Rp15 miliar atas usulan dari Bupati Magetan setelah mendapat tugas dan perintah dari Gubernur Khofifah untuk membuat perencanaan pembangunan sirkuit.

Akan tetapi, setelah melihat dari RAB pembangunan, sirkuit standar internasional itu diperkirakan menelan biaya Rp34 miliar. Untuk itu, kekurangan dari alokasi yang dibutuhkan akan ditanggung bersama secara gotong royong di tahun 2025 nanti, di mana Pemkab Magetan rencananya akan mengalokasikan Rp5 miliar. Tak hanya itu, investasi dan kerja sama dengan mitra atau perusahaan bidang olahraga juga bisa segera dilakukan.

Keberadaan sirkuit balap ini merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap atlet yang berprestasi mengharumkan Indonesia di kancah internasional.

"Sirkuit ini jadi pengalaman dan pelajaran bahwa siapapun yang berprestasi mengharumkan negara, pemerintah akan memberi apresiasi," katanya.

Pj Gubernur meyakini rampungnya sirkuit balap ini akan mendongkrak ekonomi dan ekosistem ekonomi pendukung lainnya di wilayah Magetan.

Sirkuit balap motor ini, lanjutnya, diharapkan dapat mengenalkan kepada para pecinta balap ada sirkuit dengan kualitas nasional di bawah Gunung Bungkuk yang ada di Magetan Jawa Timur.

Terkait nama sirkuit itu, Pj Gubernur menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Magetan yang memiliki nilai menarik sehingga menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Magetan.

Pj Gubernur menegaskan bahwa dukungan akan terus diberikan kepada Mario Aji oleh Pemprov Jatim. Terpenting semua berdoa agar Mario Aji bisa naik kelas menembus MotoGP.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024