Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur Prof Dr M Zainuddin mengenang almarhum Marissa Haque sebagai sosok cerdas yang "haus" akan ilmu pengetahuan.

Hal itu diutarakan Prof Zainuddin kepada ANTARA di Kota Malang melalui aplikasi pesan singkat, Rabu malam.

"Beliau itu orang baik, cerdas, cinta ilmu.  Beliau juga merupakan artis senior yang kepo terhadap ilmu," kata Prof Zainuddin.

Marissa sebelumnya pernah berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim sebagai pembicara saat pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan yang diselenggarakan di Kampus 3 UIN pada 21 Agustus 2024.

Saat itu, almarhum memaparkan pandangannya mengenai konsep halal dan haram dalam kehidupan sehari-hari.

Prof Zainuddin menambahkan, meski terkenal, mendiang Marissa Haque tidak pernah memposisikan dirinya sebagai artis papan atas Tanah Air. Ia mengenal istri penyanyi rock Ikang Fauzi itu sebagai seseorang yang rendah hati.

"Beliau itu itu orang yang humble," ucapnya.

Selain itu, kata dia almarhum Marissa yang merupakan artis era 80-an dan politikus direncanakan akan menempuh pendidikan S3 di UIN Maulana Malik Ibrahim pada bulan ini.

"Baru akan bulan ini, almarhum Mbak Marissa ambil studi interdisipliner. Beliau juga sudah datang ke UIN," katanya.

Prof Zainuddin juga menyatakan dirinya pada Selasa (1/10) malam masih berkomunikasi dengan almarhum. Berpulangnya Marrissa menghadirkan duka mendalam bagi UIN Maulana Malik Ibrahim.

"Saya kaget, karena kemarin masih berkomunikasi. Semoga almarhum diterima di sisi-nya dan surga tempatnya," ucapnya.

Jenazah Marissa Haque telah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan sore tadi, setelah sebelumnya dishalatkan di Masjid Jami Bintaro sekitar pukul 13.00 WIB.

"Iya saya tadi melayat ke rumah duka," ujarnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024