Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mengusulkan Husen untuk mengisi kursi pimpinan sebagai wakil ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan untuk periode 2024-2029.

Sekretaris DPRD Kabupaten Lamongan Aris Wibawa, saat dikonfirmasi dari Lamongan, Jawa Timur, Selasa membenarkan bahwa PDI Perjuangan telah mengonfirmasi mengenai nama yang diusulkan sebagai pimpinan DPRD setempat. 

"Hari ini sudah ada konfirmasi dari PDI Perjuangan bahwa Husen ditunjuk menjadi pimpinan DPRD. Sementara Supono menjabat sebagai Ketua Komisi B," ujar Aris.

Selanjutnya, kata Aris, pada minggu ini akan diadakan rapat paripurna pengumuman usulan pimpinan DPRD dari PDI Perjuangan yang kemudian dilanjutkan dengan proses administrasi untuk diusulkan ke Gubernur Jawa Timur.

"Setelah serangkaian mekanisme itu selesai bersamaan turunnya SK dari Gubernur Jatim baru dilakukan pelantikan," terangnya. 

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Lamongan menggelar paripurna pada Kamis (26/9) untuk pengucapan sumpah atau janji Pimpinan DPRD Kabupaten Lamongan masa jabatan 2024-2029. 

Saat itu, jatah kursi pimpinan DPRD menyisakan PDI Perjuangan yang belum memutuskan nama untuk mengisi kursi tersebut. Saat itu, hanya tiga nama yang dilantik yakni Ketua DPRD dari PKB Freddy Wahyudi, Wakil Ketua I Kacung Purwanto dari Golkar dan Imam Fadli dari Gerindra sebagai Wakil Ketua III.

Pelantikan tiga pimpinan DPRD saat itu berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/926/KPTS/011.2/2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Lamongan Masa Jabatan 2024-2029.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Freddy Wahyudi menyatakan bahwa ada tiga tugas yang harus segera dirampungkan yakni membuat tata tertib, membentuk fraksi dan mengantarkan pelantikan sebuah janji pimpinan. 

"Kami segera mungkin untuk membuat AKD, Komisi, Banggar, Bamus, BK dan Banleg," katanya. 

Freddy menuturkan percepatan penyusunan komposisi DPRD itu dilakukan agar pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025 bisa tuntas terselesaikan pada Oktober, mengingat pada November sudah pelaksanaan Pilkada.

Ia berharap anggota DPRD Kabupaten Lamongan ke depan bisa lebih ekstra bekerja dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat Lamongan.

Pewarta: Alimun Khakim

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024