Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menyiapkan 4.240 kotak suara untuk digunakan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dipergunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak  2024.

"Sebanyak 4.240 kotak suara sudah siap digunakan, di setiap TPS ada dua kotak suara pada Pilkada serentak," kata ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Robby Adi Perwira di Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa.

Robby menjelaskan, kotak suara tersebut akan dirakit selama empat hari dengan melibatkan sepuluh orang pekerja mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Rencananya 4.240 kotak suara tersebut akan dibagikan di 2.120 TPS, karena setiap TPS akan ada dua kotak suara untuk surat suara Gubernur Jawa Timur dan Bupati Bojonegoro

"Ribuan kotak suara itu ditempatkan di gudang yang ada di belakang kantor KPU, tidak perlu menggunakan gudang logistik di Kalitidu," katanya.

Selain memastikan kesiapan kotak suara, lanjut Robby, kesiapan gudang penyiapan juga sudah dilakukan, mengingat bahan kotak suara terbuat dari kardus, sama seperti pemilu sebelumnya.

Sehingga sebelum kotak suara datang, lanjutnya, dilakukan pengecekan gudang dengan penyemprotan pembersih agar tidak ada hama rayap maupun yang lain. Serta memastikan atap gudang tidak rusak, karena dikhawatirkan terjadi kebocoran atap gudang.

Sebab distribusi logistik tidak bisa dipisahkan karena semua barang akan dikeluarkan satu paket. Seluruh kelengkapan akan ditempatkan dalam kotak suara tersebut seperti surat suara, plano, formulir A4 dan kelengkapan yang lain.

"Surat suara belum, karena baru ditetapkan nomor urut pasangan calon. Surat suara juga disepakati kedua pasangan calon, jadi masih proses dan pencetakannya mendekati pelaksanaan," terang Robby.

Robby menambahkan, KPU Kabupaten Bojonegoro juga sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 dengan jumlah 1.026.363 pemilih, yang terbagi 510.516 laki-laki dan 515.847 perempuan.

Pewarta: Muhammad Yazid

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024