Calon Wali Kota Malang Wahyu Hidayat membidik potensi suara dari kalangan milenial dan generasi z yang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 jumlahnya mendominasi di dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Wahyu di Kota Malang, Senin, menyatakan langkah strategis untuk menggaet suara dari kalangan milenial dan generasi z sudah disusun.

"Sudah kami sudah membagi mana tim pemenangan yang menangani kategori itu termasuk program dan siapa saja yang dilibatkan," katanya.

Nantinya, kata Wahyu pelaksanaan teknis di lapangan akan dikomandoi oleh Calon Wakil Wali Kota Ali Muthohirin.

"Itu memang banyak dilaksanakan oleh Mas Ali yang juga anak muda dan saya membantu," ucapnya.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, pada Pilkada 2024 jumlah DPT kategori milenial mencapai 214.477 dari total 660.774 pemilih.

Generasi milenial menjadi pemilih yang paling banyak jika dibandingkan dengan kategori lainnya.

Sedangkan di posisi kedua, ada kategori generasi z yang mencapai 145.091 dari total DPT 660.774 pemilih.

Sementara, Wakil Ketua Tim Pemenangan pasangan Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin Sofyan Edi Jarwoko tak memungkiri bahwa meraih suara pemilih milenial dan generasi z tidak mudah.

Pendekatan kepada dua kategori pemilih itu memang harus ekstra dilakukan, sebab ada potensi swing voters yang muncul.

"Program bagus saja tidak cukup harus tersampaikan ke anak muda, makanya kami sudah siapkan program yang mendekatkan ke anak muda berupa 1.000 event itu," ujarnya.

Pilkada Kota Malang 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin nomor urut 1, Heri Cahyono-Ganisa Pratiwi Rumpoko nomor urut 2, dan M Anton-Dimyati Ayatullah nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024