PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mendukung kesejahteraan masyarakat dengan berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair 2024 bertema Merdeka Berkarir Mendorong Investasi di Jawa Timur yang Inklusif Ramah Tenaga Kerja.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menyebutkan job fair tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jatim di Grand City Surabaya selama 24-25 September 2024 sebagai bagian dari upaya menyambut HUT Provinsi Jawa Timur Ke-79.

“Sebagai BUMD milik Jawa Timur, perusahaan akan terus berkomitmen untuk bersinergi dengan Pemprov demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat termasuk penyediaan lapangan kerja,” katanya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Busrul kegiatan ini merupakan langkah yang sangat baik untuk menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi tingkat pengangguran di Jawa Timur.

Terlebih, pengangguran terbuka masih menjadi isu ketenagakerjaan saat ini mengingat banyak faktor penyebab belum tertampungnya pencari kerja di dunia kerja seperti ketidakcocokan kebutuhan dengan kualifikasi pencari kerja hingga informasi lowongan kerja yang kurang masif.

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono menjelaskan job fair ini total 80 booth yang terdiri dari 68 perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD serta 12 mitra Disnakertrans Provinsi Jatim sekaligus sembilan perusahaan yang mengikuti secara online.

“Lowongan kerja yang dapat diakses pencari kerja mencapai 4.501 lowongan,” kata Bobby.

Ia melanjutkan, pada kegiatan tersebut sekaligus dilaksanakan soft launching platform Jatim BISSA (Basis Data Disabilitas Berdaya) yang merupakan pengembangan layanan ULD (Unit Layanan Disabilitas) Bidang Ketenagakerjaan di Disnakertrans Provinsi Jatim.

Jatim BISSA dibuat untuk meningkatkan layanan kepada angkatan kerja penyandang disabilitas dalam bentuk memfasilitasi penyediaan database tenaga kerja penyandang disabilitas (supply side).

Nantinya, platform itu dapat dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkan tenaga kerja penyandang disabilitas, memfasilitasi informasi peluang kerja yang aktual dan berkualitas bagi tenaga kerja penyandang disabilitas.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024