Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengimbau dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah mendapatkan nomor urut 1 dan 2 untuk menjunjung nilai demokrasi selama tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Saya berharap agar seluruh calon dan tim kampanye dapat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, menjaga ketertiban, dan mengutamakan kedamaian selama proses pemilihan berlangsung," kata Pj Bupati Lumajang dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Selasa.

"Pengundian nomor urut tersebut bukan hanya sekadar penetapan angka, tetapi merupakan simbol dimulainya kompetisi yang sehat, jujur, dan adil untuk menentukan siapa yang nantinya akan memimpin Kabupaten Lumajang selama lima tahun ke depan," tutur Pj Bupati Lumajang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang melakukan pengundian nomor urut pada Senin (23/9) malam dan selanjutnya menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Thoriqul Haq-Lucita Izza Rafika dengan nomor urut 1 dan pasangan Indah Amperawati-Yudha Adji Kusuma mendapatkan nomor urut 2.

Baca juga: Pj Bupati Lumajang berharap DPRD baru dilantik bekerja maksimal

Ia juga mengajak untuk terus berkomitmen bahwa demokrasi yang berjalan harus berdasarkan prinsip luber dan jurdil, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

"Mari kita bersama-sama menjadikan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Lumajang sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, semangat gotong royong dalam membangun Kabupaten Lumajang yang lebih baik," katanya.

Pj Bupati Lumajang yang biasa dipanggil Yuyun itu berpesan agar KPU) beserta seluruh penyelenggara Pemilu berkomitmen untuk memastikan setiap tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Saya mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak, baik calon, tim kampanye, maupun masyarakat umum untuk turut serta menjaga proses demokrasi tetap berjalan dengan baik, lancar dan kondusif, serta tingkat partisipasi masyarakat/pemilih yang tinggi," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024