Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, secara resmi menetapkan pasangan Ipuk Fiestiadani-Mujiono dan Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki)-Ali Ruchi sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pada Pilkada Serentak 2024.

Pasangan Ipuk Fiestiandani-Mujiono dan Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki)-Ali Ruchi ditetapkan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati setelah dokumen syarat calon dan syarat pencalonan telah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

"Dua pasangan calon sudah ditetapkan hari ini, selanjutnya pada Senin (23/9) besok tahapan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati," kata Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Banyuwangi Enot Sugiarto saat dihubungi di Banyuwangi, Minggu.

Setelah tahapan pengundian nomor urut pasangan calon peserta pilkada, lanjut dia, tahapan berikutnya adalah KPU akan menggelar deklarasi kampanye damai bersama dengan kedua pasangan calon dan pemangku kepentingan lainnya untuk menyamakan persepsi dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak 2024.

Pada momentum deklarasi kampanye damai dua pasangan calon pada 24 September 2024, kata Enot, KPU mengundang kedua pasangan calon dan pemangku kepentingan lainnya.

"Pada hari pelaksanaan deklarasi kampanye damai, kami konsep dengan kearifan lokal, kami minta dua pasangan calon menanggalkan atribut dan menggunakan pakaian adat Osing yang menjadi simbol kedamaian," tutur Enot.
Pasangan calon Gus Makki dan Ali Ruchi foto bersama usai menerima dokumen penetapan cabup-cawabup Pilkada Serentak 2024. Minggu (22/9/2024) ANTARA/HO-Humas KPU Banyuwangi

Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, dihadiri para calon, yakni pasangan Ipuk Fiestiandani-Mujiono dan pasangan Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki)-Ali Ruchi dan perwakilan partai politik liaison officer (LO) pasangan cabup dan cawabup.

Ada sebanyak 16 partai politik pengusung dan pendukung calon bupati dan wakil bupati petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem, PPP, PKS, Hanura, PAN, Garuda, Perindo, Ummat, Gelora, PSI, PKN, dan Partai Buruh.

Sedangkan calon bupati dan calon wakil bupati Gus Makki dan Ali Ruchi mengikuti kontestasi Pilkada 2024 didukung dan diusung dua partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang atau PBB.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024