Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang mengejar target perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) bagi pelajar SMA dan SMK yang menjadi pemilih pemula untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Dispendukcapil Kota Malang Dahliana Lusi di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, menyatakan untuk mengoptimalkan perekaman, maka upaya jemput bola dilakukan dengan menyasar 51 SMA dan SMK di wilayah setempat.

"Kami melakukan upaya jemput bola perekaman KTP elektronik dan ada 51 sekolah dengan total 4.586 siswa," kata Dahliana.

Mengingat jenjang SMA dan SMK berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pihaknya telah berkoordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur wilayah Kota Malang dan Kota Batu terkait pelaksanaan perekaman KTP-e.

"Kami difasilitasi untuk zoom dengan para kepala sekolah," ujarnya.

Secara teknis, Dahlia menjelaskan bahwa proses pelayanan perekaman KTP-e bagi para pemilih pemula akan dibuka hingga 27 November 2024 atau saat pelaksanaan Pilkada 2024.

Jika pada hari H pemungutan suara pemilih pemula belum mendapatkan bentuk fisik KTP-e, maka bisa menggunakan identitas kependudukan digital (IKD).

"IKD itu bisa diterima saat melakukan pencoblosan," ucapnya.

Berdasarkan data dari Dispendukcapil Kota Malang total cakupan perekaman KTP sebanyak 663.178 jiwa, dari jumlah itu masih terdapat 8.600 jiwa yang belum melakukan perekaman.

Kemudian, dari jumlah itu 4.586 diantaranya merupakan pelajar yang menjadi target perekaman KTP-e.

Sementara itu, Kepala Cabang Dispendik Jawa Timur wilayah Kota Malang dan Kota Batu Hastini Ratna Dewi menyatakan memberikan akses penuh kepada Dispendukcapil Kota Malang untuk menyelenggarakan perekaman KTP-e di puluhan SMA dan SMK.

"Untuk teknis kami koordinasi agar efektif nanti secara daring, kami undang semua kepala SMA dan SMK di Kota Malang, baik negeri maupun swasta," katanya.

Dispendukcapil juga akan langsung datang ke masing-masing sekolah yang dituju.

"Dari koordinasi ini nanti ada pembicaraan teknis Dispendukcapil proaktif ke sekolah melakukan door to door, istilahnya Dispendukcapil goes to school untuk yang perekaman KTP," ucapnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024