Rektor Universitas Jember (Unej) Dr Ir Iwan Taruna, M.Eng, IPM meminta wisudawan aktif berkontribusi mengatasi permasalahan bangsa sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.
 
"Sebagai anak bangsa yang menikmati pendidikan tinggi, maka sudah sewajarnya jika lulusan Unej turut membangun Indonesia," katanya saat memberikan sambutan dalam wisuda periode III tahun akademik 2024/2025 yang digelar di Gedung Auditorium kampus setempat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.
 
Menurutnya mahasiswa selama berkuliah telah mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai program studi yang dipilih, termasuk mendapatkan pendidikan karakter serta beragam softskill melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Iwan juga berpesan agar seluruh lulusan terus menjalin hubungan dengan almamater diantaranya dengan aktif memberikan masukan melalui wadah Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) dan mengisi tracer study.

“Pendidikan adalah senjata terkuat untuk melakukan perubahan sosial, maka negara dan bangsa ini menunggu kontribusi segenap lulusan Universitas Jember,” katanya mengutip pesan Bung Karno.

Ia juga berpesan kepada para wisudawan, sebagai wisudawan Unej harus menjadi lulusan yang berkarakter karena telah terbukti sebagai alumni, mahasiswa Unej mampu bersaing dan berkompetisi secara nasional maupun internasional dengan beberapa kampus lainnya.

“Sebagai lulusan Unej, wisudawan harus tangguh dan harus berkarakter kebangsaan serta tidak perlu merasa inferior berkompetisi dengan lulusan PTN yang lain karena alumni kita telah membuktikan bahwa mampu berkompetisi secara nasional maupun Internasional," katanya.
 
Selain itu Rektor Unej dua periode itu juga berharap wisudawan untuk menginspirasi kampus terus berjuang menjadi alumni karena nama Unej telah banyak dikenal di tingkat nasional maupun internasional.
 
"Harapan kami supaya menginspirasi para wisudawan. Unej telah menjadi perhatian karena beberapa waktu lalu ada tamu penting dari Jakarta yang datang ke Unej," katanya.

Kesan para tamu ke Unej sangat luar biasa yang artinya meskipun letak kampus berada di ujung timur Jawa Timur, namun sudah tidak berbeda lagi dengan beberapa PTN papan atas di Indonesia.

Pada wisuda periode 3 ini terdapat beberapa wisudawan berprestasi diantaranya jenjang doktoral (S3) Khoirul Ifa dari program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,95, kemudian jenjang Magister (S2) El Shinta Mangku Alam dari program studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,97.
 
Jenjang sarjana (S1) Nida’ Al Azkia dari program studi Agribisnis Fakultas Pertanian dengan IPK 4,00, dijenjang Sarjana Terapan (D4) Afgan Satrio Akbar dari program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Elektronika Fakultas Teknik dengan IPK 3,78, di jenjang Diploma (D3) Deviana Safitri dari program studi Diploma Tiga Perpajakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,97.
 
Ada 800 lulusan dari berbagai fakultas yang diwisuda di gedung Auditorium Kampus Tegalboto Unej.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024