Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyatakan bahwa program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) mampu menangani atau menurunkan angka stunting di Kabupaten Lamongan dari 27,05 persen pada 2022 menjadi 9,4 persen pada 2023. 

“Saya yakin dari SOTH ini, ilmu yang didapat ibu-ibu sangatlah bermanfaat, sehingga terakumulasi menjadi sikap yang dapat diimplementasikan kepada anak-anak, untuk mendampingi tumbuh kembang secara hebat, sehingga menjadi anak-anak hebat atau generasi hebat di generasinya,” kata Bupati Yuhronur pada Wisuda SOTH angkatan IV di Aula Gajah Mada, Pemkab Lamongan, Jawa Timur, Kamis. 

Pak Yes, sapaan akrabnya menjelaskan, pada pendidikan SOTH diberikan selama 14 pertemuan. Para ibu diberi bekal pengetahuan dan wawasan, mulai dari perencanaan hidup berkeluarga, pendidikan, pola asuh anak, pembentukan karakter anak, kesehatan dasar, hingga pemenuhan gizi anak usia dini. 

Bekal pengetahuan yang diberikan kepada lulusan SOTH angkatan IV yang terdiri dari 449 wisudawan dari 17 desa di enam kecamatan yakni Sambeng, Mantup, Modo, Kalitengah, Maduran, dan Sekaran, dapat menjadikan bekal, sekaligus kebanggaan bagi ibu untuk membangun ketahanan keluarga. 

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lamongan dr Aini Mas'idha menyatakan bahwa biaya pendidikan SOTH angkatan ke IV berasal dari Dana Desa masing-masing. 

"Tujuannya untuk meningkatkan program percepatan penurunan stunting, melalui peran mitra organisasi terkait. Sekaligus meningkatkan peran dan fungsi bina keluarga balita yang salah satunya ada di SOTH. Nantinya keluarga yang mempunyai balita akan berdaya," katanya.

Salah satu wisudawan terbaik SOTH  angkatan IV dari Desa Sambangrejo, Kecamatan Modo, Lamongan Yuli Kristiana mengaku bangga dan senang dapat menjadi bagian sekolah orang tua hebat karena ia bisa mendapatkan informasi terkait pentingnya pendidikan karakter anak sejak dini. 

“Membentuk karakter anak tidak hanya pengajaran materi, tetapi mengamalkan kebiasaan baik, sehingga anak bisa berperilaku dengan baik. SOTH mengajarkan kami pentingnya mendidik anak dengan baik, pendidikan karakter pada anak tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga mendewasakan kami sebagai orang tua,” terang ibu dua anak tersebut. 

Pewarta: Alimun Khakim

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024