Pemerintah Kabupaten Lamongan menyiapkan videotron atau layar berukuran besar untuk kegiatan nonton bareng (nobar) siaran langsung Timnas Indonesia Vs Australia dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga, Selasa malam pukul 19.00 WIB. 

"Kami menggelar nobar Timnas Indonesia yang berhadapan dengan Australia memakai videotron yang kita milki di dua titik. Tepatnya di perempatan sebelah pojok barat Alun-Alun Lamongan Jl. Basuki Rahmad dan Pendopo Lokatantra," ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. 

Pak Yes, sapaan akrabnya, mengajak kepada seluruh suporter tim Persela, LA Mania dan Curva Boys untuk memberikan dukungan kepada Tim Nasional Indonesia.

"Mari kita dukung Timnas kita yang berlaga pada kualifikasi Piala Dunia. Semoga bisa memberikan yang terbaik," kata Pak Yes. 

Pada pelaksanaan nobar tersebut, para suporter diingatkan agar tetap menjaga ketertiban dan kebersihan di sekitar area nobar.

"Ingat nggih lur (ya saudara-saudara) nobarnya harus tetap menjaga ketertiban dan kebersihan di sekitar tempat nobar. Ayo dijogo (dijaga) bareng dan ayo dilarisi para pedagang yang berjualan di sekitar," tuturnya. 

Sementara itu, salah satu pengurus Presidium Nasional Suporter Sepak bola Indonesia (PNSSI) Aini Hidayat mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia saat ini memang mengalami sebuah kemajuan di bawah kepemimpinan Erick Tohir. Elemen suporter menjadi pelengkap dan pendukung, demi kemajuan sepak bola tanah air. 

"Kalau meminjam istilah dalam sepak bola, suporter adalah pemain ke-12 yang mampu memberikan suntikan semangat juang bagi para pemain yang berlaga untuk membela negaranya. Karakter tim pejuang dan petarung itu harus ditunjukkan kepada pemain," terang Dayat yang merupakan sesepuh suporter Persela ini. 

Ia juga menaruh harapan, agar para suporter saat ini menaruh, bahkan membuang ego soal daerahnya masing-masing demi kepentingan nasional yakni kemajuan sepak bola Indonesia.

"Ya demi Timnas yang maju kita harus suport penuh dengan mengesampingkan ego. Pemain-pemain muda Timnas Indonesia seperti Marselino, Witan Sulaiman dan Risky Ridho adalah aset negara, maka harus kita rawat," harapnya.

Timnas Indonesia menjalani laga awal Kualifikasi di babak ketiga Piala Dunia 2026 dengan catatan yang bagus. Risky Ridho dan kawan-kawan, mampu menahan imbang 1-1 Timnas Arab Saudi yang diarsiteki oleh pelatih dunia Mancini. Saat ini Timnas berada diposisi keempat klasemen sementara dengan perolehan satu poin. 

Timnas Indonesia dan Australia menempati Grup C bersama dengan Arab Saudi, Bahrain, Jepang, dan China. Keenamnya sama-sama sudah melakoni satu pertandingan.

Pewarta: Alimun Khakim

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024