Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur, menyiagakan 896 anggota satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) guna menjaga kelancaran dan keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penjabat Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro di Kota Mojokerto, Senin, mengatakan bahwa persiapan ini sebagai langkah antisipasi dan upaya pemkot setempat dalam memastikan pilkada berjalan aman, tertib, dan kondusif.

Dari total 896 personel satlinmas, kata dia, sebanyak 510 orang akan bersiaga secara langsung di 192 TPS, 18 kelurahan, dan 3 kecamatan. Sementara itu, 386 personel lainnya disiapkan sebagai cadangan dan akan dikerahkan apabila diperlukan.

Ali mengatakan bahwa kesiapsiagaan satlinmas merupakan bagian dari komitmen Pemkot Mojokerto dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses Pilkada berlangsung.

"Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Kota Mojokerto bisa menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman," katanya.

Ia menuturkan bahwa pihaknya akan menempatkan satlinmas di berbagai titik strategis untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Mereka akan melekat dengan petugas TNI/Polri selama tahapan pilkada.

Dikatakan oleh Kepala Satpol PP Kota Mojokerto Modjari bahwa petugas tersebut akan dibagi tugas.

"Karena by name dan by addres-nya di masing-masing TPS itu harus jelas siapa yang akan back up nanti," katanya.

Diutarakan pula bahwa ratusan personel satlinmas telah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan untuk keselamatan dan kesejahteraan mereka selama jalankan tugas pengamanan di lapangan.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024