Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur Suyatmoko mengungkapkan selama lima tahun terakhir cabang olahraga (cabor) catur telah menorehkan prestasi dan meraih medali di level Jawa Timur hingga Internasional. 

"Dengan pencapaian yang telah diperoleh dapat dijadikan motivasi bagi atlet muda untuk turut berprestasi. Sudah banyak contoh, seperti atlet bernama Veronica yang punya prestasi hingga pada tingkat internasional,” ujar Suyatmoko, di Lamongan, Senin. 

Percasi Kabupaten Lamongan terus  menggelar turnamen atau event rutin yang berkolaborasi bersama Biru Samudra Lamongan sebagai ajang uji tanding para atlet muda.

“Even yang diselenggarakan rutin oleh Biru Samudra kami jadikan sebagai ajang uji tanding bagi atlet-atlet muda. Sehingga dapat meningkatkan kualitas para atlet dan dapat berprestasi,” terangnya.

Pada event kolaborasi dengan Biru Samudra diikuti oleh 265 atlet dari jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK. Para atlet mengikuti turnamen catur tersebut memperebutkan Piala Bupati Cup.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menuturkan, berlangsungnya event tahunan seperti yang diselenggarakan Percasi dan Biru Samudra ini menjadi salah satu wadah meningkatkan prestasi atlet dalam mendulang medali di kancah regional maupun internasional. 

“Saya yakin ke depan atlet catur yang menjadi kebanggaan Lamongan mampu mendulang medali emas di berbagai kesempatan baik di Porprov dan PON. Untuk itu kita terus menggairahkan dan meningkatkan,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu.

Pemimpin daerah Lamongan ini juga memberikan pesan khusus kepada  Percasi Lamongan agar secara masif menyelenggarakan event-event catur di Lamongan.

“Jangan lama-lama lagi untuk mengadakan event-event catur ini, jangan sampai hanya latihan terus tetapi tidak ada pertandingannya,” katanya. 

Untuk diketahui, torehan cabor catur mampu meraih medali emas pertama bagi kontingen Kabupaten Lamongan di Porprov VI Jatim 2019.

Medali emas pertama tersebut dipersembahkan oleh Kamilah Rohma Lusiana yang bertanding di nomor Perorangan Catur Kilat puteri.

Sementara empat atlit catur yang tampil beregu juga sukses mendapat medali perunggu yang di persembahkan oleh Gilang Ibad, M.Khoirul Umam ,Andika Yogi Setiawan dan Aditya Pangestu.

Sedangkan pada level internasional Veronica Jefany Sheryl Kichi Makalew, Siswi kelas 2 SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan mencatatkan diri sebagai atlet nasional yang mewakili Indonesia di kejuaraan catur internasional dalam ajang Asian Youth Chess Champion (AYCC) di Uni Emirat Arab.

Vero, sapaan akrabnya, merupakan satu-satunya peserta yang menjadi utusan Indonesia pada kategori Girl 8th AYCC Arab.

Dia diberangkatkan bersama 9 peserta Indonesia yang ikut di kategori lainnya dan beberapa kali mengikuti Turnamen Internasional dan membawa nama Indonesia hingga berhasil menyabet beberapa juara.

Berikut prestasi Veronica Jefany Sheryl Kichi Makalew di Turnamen Internasional

- Peringkat 4 Kategori U8 Team Rapid Chess AYCC Bali 14 Oktober 2022.
- Juara 3 Kejuaraan Catur Internasional Realfood Chess Open Championship Bojonegoro Jatim 18 – 20 November 2022.
- Peringkat 7 BKD Internasional Fide Rating Chess Tournamen Standart 29 Januari 2023 di kelapa Dua, Tanggerang.
- Juara 1 IGB Malaysian Chess Festival Merdeka Day Age Under 8 Girl 25-3 September 2023. 
 

Pewarta: Alimun Khakim

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024