Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menggencarkan sosialisasi tentang pemilihan kepala daerah, salah satunya melalui kegiatan kirab Maskot Pilkada 2024 guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi Samsu Mustakhim di Ngawi, Rabu, mengatakan maskot pilkada yang dikirab adalah Maskot Pilkada Serentak 2024 Jawa Timur yang bernama "Si Jalih" (Jatim memilih) dan Maskot Pilkada Ngawi 2024 yang bernama "Sang Pendem" (Penegak Demokrasi).

"Insyaallah kedua maskot ini akan kami kirab di 217 desa dan kelurahan pada 19 kecamatan di Ngawi selama tiga hari ke depan," ujarnya.

Menurutnya, kirab maskot Si Jalih dan Si Pendem merupakan bentuk sosialisasi dan pendidikan pemilih. Kegiatan tersebut melibatkan penyelenggara pemilu di seluruh tingkatan.

Peserta kirab maskot pilkada serentak melibatkan sekitar 1.500 orang dari unsur KPU Kabupaten Ngawi, PPK, PPS, beserta kesekretariatan. Selain itu, ada juga dari dinas dan instansi terkait serta seluruh masyarakat Ngawi.

Samsu Mustakhim menambahkan kegiatan kirab tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang proses pilkada dan cara berkontribusi dalam menjaga integritas pilkada.

KPU berharap kegiatan itu mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat Ngawi sehingga tujuan dari sosialisasi dan pendidikan pemilih pilkada dapat tercapai optimal.

Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 Jawa Timur Si Jalih tiba di Kabupaten Ngawi pada Selasa (3/9) dari Kabupaten Bojonegoro.

Serah terima dilakukan anggota KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Bojonegoro kepada KPU Ngawi dengan disaksikan Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Forkopimda, Bawaslu, serta PPK dan PPS se-Kabupaten Ngawi.

Maskot Pilkada Serentak 2024 Jawa Timur Si Jalih berada di Kabupaten Ngawi selama tanggal 3 hingga 6 September 2024. Selanjutnya, Maskot Pilkada Serentak 2024 Jawa Timur itu akan diserahlan ke KPU Magetan pada Sabtu (7/9).

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024