Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu, meluncurkan aplikasi Goker Wangi (Golek Kerjo /Cari Kerja Banyuwangi) untuk memudahkan para pencari kerja yang terintegrasi dalam aplikasi Smart Kampung.

Peluncuran aplikasi Goker Wangi ini diluncurkan langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani setelah membuka "Banyuwangi Job Fair 2024" di Ballroom Havana, Jajag, Kecamatan Gambiran.   

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Banyuwangi Abdul Latif mengatakan bursa kerja dilaksanakan secara hybrid.  

"Calon pelamar bisa memilih dan melamar pekerjaan lewat aplikasi Goker Wangi dalam Smart Kampung atau via link http://goker.banyuwangikab.go.id," katanya.

Latif mengemukakan pelamar bisa masuk ke Smart Kampung dan memilih menu lowongan kerja.      

"Di sana mereka bisa memilih lowongan kerja yang sesuai kualifikasinya sekaligus mendaftarkan diri secara daring lewat aplikasi ini," katanya.  

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan bahwa kegiatan bursa kerja bertujuan untuk memberikan informasi lowongan kerja dan membantu para pencari kerja menemukan peluang kerja sesuai dengan kualifikasi yang diminati.

"Setiap tahun kami menjembatani antara pencari kerja dan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja kerja yang diharapkan. Setiap tahun pula kami juga mendorong perusahaan untuk menyediakan lowongan kerja," kata Ipuk.

Bupati Ipuk juga berharap pencari kerja dapat mengoptimalkan kompetensinya untuk berkompetisi dalam dunia kerja, sehingga menjadi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan siap memasuki dunia kerja.

"Anak-anak muda silakan mengikuti job fair, dari situ kalian akan tahu kompetensi apa yang banyak dibutuhkan perusahaan, dari sekarang bisa bersiap belajar meningkatkan kompetensinya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk juga menyerahkan penghargaan kepada perusahaan PT Lautindo Synergy Sejahtera (LSS) atas komitmennya yang telah memberikan akses bagi disabilitas untuk bekerja di perusahaan pengolahan ikan itu.

"Kami terus memberikan ruang inklusif dalam dunia kerja. Tahun ini ada 7 perusahaan yang menyediakan lowongan bagi difabel," kata Ipuk.

Sebanyak 61 perusahaan turut berpartisipasi dalam kegiatan "Banyuwangi Job Fair 2024" dan pencari kerja dapat mencoba peruntungan dari ribuan lowongan yang disediakan.

Salah satunya PT Industri Kereta Api (INKA) Persero membuka lowongan untuk tenaga operator las, ada rumah sakit yang membuka kesempatan bagi perawat, Hotel Dialog membuka lowongan untuk tenaga finance administrator, teknik engineering dan housekeeping manager.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024