Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menerima pendaftaran bakal pasangan calon bupati-wakil bupati setempat, Achmad Fauzi Wongsojudo-KH Imam Hasyim, di Kantor KPU setempat, Kamis.

Pasangan Fauzi-Kiai Imam bersama massa pendukungnya tiba di Kantor KPU Sumenep sekitar pukul 10.00 WIB, dan langsung masuk ke tempat pendaftaran bakal pasangan calon.

"Pak Fauzi-Kiai Imam ini adalah pasangan bakal pasangan calon bupati-wakil bupati yang mendaftar pertama ke KPU Sumenep," kata Ketua KPU Sumenep Nurussyamsi.

Saat ini, KPU Sumenep masih melakukan verifikasi administrasi persyaratan pencalonan dan berkas persyaratan pasangan calon.

Baca juga: KPU Sumenep terima pendaftaran pasangan calon Fikri-Unais

"Masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui pasangan calon, diantaranya pemeriksaan kesehatan, karena itu kami sudah mengingatkan perwakilan gabungan parpol tetap berkoordinasi aktif untuk menyelesaikan beberapa tahapan tersebut," kata Syamsi.

Sebelum ke kantor KPU, pasangan Fauzi-Kiai Imam bersama massa pendukungnya melakukan doa bersama di kawasan pemakaman Raja Sumenep, Asta Tinggi.

Pasangan Fauzi-Kiai Imam diusung oleh gabungan partai politik (parpol), yakni PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai NasDem, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Hanura.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2024 dari KPU RI, pada Kamis ini adalah hari terakhir masa pendaftaran pasangan calon di masing-masing KPU di daerah.

Di KPU Sumenep, pada dua hari pertama masa pendaftaran pasangan calon, yakni Selasa (27/8) dan Rabu (28/8), belum ada satu pun pasangan calon yang mendaftar.

Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilkada Sumenep 2024, akan dilaksanakan pada 27 November.

Pewarta: Abd Aziz/ Slamet Hidayat

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024