Manajemen Pabrik Gula (PG) Assembagoes Situbondo, Jawa Timur, mencatat telah menggiling tebu sebanyak 379 ribu ton dari target 398 ribu ton sejak pertengahan Mei hingga akhir Agustus 2024.

Manajer Quality Assurance PG Assembagoes Situbondo Lukman Noir Hakim di Situbondo, Kamis, mengemukakan target giling tebu tahun ini tinggal sedikit lagi tercapai.

"Sekarang adalah hari ke-101 atau sekitar tiga bulan dimulai giling tebu, dan sudah tercapai 379.133 ton tebu yang digiling," katanya.

Baca juga: PG Djatiroto tingkatkan sinergi untuk wujudkan swasembada gula

Mengenai produksi gula sampai saat ini juga sudah mencapai 26.458 ton dari target produksi gula tahun 2024 30.459 ton.

Sementara kadar gula dalam batang tebu atau rendemen, lanjut Lukman, saat ini masih tercapai 7,01 dari yang ditargetkan yakni 7,11.

"Tapi kami optimistis rendemen bisa dicapai mengingat kualitas tebu semakin baik, semoga rendemennya bisa mencapai sesuai target," ujarnya.

Lukman menyampaikan, pencapaian terget giling tebu ini tidak lepas dari peran petani tebu khususnya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Kecamatan Asembagus.

"APTRI banyak membantu kami untuk menyuplai tebu yang digiling di PG Assembagoes, sehingga pencapaian target giling optimistis bisa tercapai," katanya.

PT SGN mengelola sebanyak 36 pabrik gula dan salah satunya PG Assembagoes di Situbondo. PT SGN sebagai perusahaan BUMN, berkomitmen untuk mendukung program pemerintah, yakni swasembada gula.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024