PDI Perjuangan mengusung pasangan Heri Cahyono (Sam HC)-Ganis Rumpoko sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rekomendasi bagi pasangan Sam HC sapaan akrab Heri Cahyono-Ganis Rumpoko diserahkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang I Made Riandiana Kartika, di kantor partai tersebut, Rabu malam.

Made menyatakan bahwa Sam HC yang bukan merupakan kader internal selalu masuk radar tokoh potensial untuk Pilkada 2024.

"Mulai tahun 2023 sudah dipantau setiap bulan oleh DPP tokoh yang muncul, bukan hanya internal tetapi eksternal dan nama Sam HC selalu di peringkat lima besar survei internal kami," kata Made.

Namun, lantaran Sam HC saat itu sedang mempersiapkan diri berkontestasi di Pilkada 2024 melalui jalur perseorangan bersama Risky Wahyu Utomo, PDI Perjuangan menahan diri untuk menggaetnya sebagai nama yang diusung.

Made menyatakan PDI Perjuangan menaruh hormat pada keteguhan Sam HC untuk membidik kursi wali kota setempat melalui jalur perseorangan.

Langkah pencalonan pasangan Sam HC-Risky Utomo pun kandas, setelah tak berhasil lolos verifikasi faktual.

Kemudian, per hari ini Sam HC sudah mengumumkan berpisah dengan Risky Wahyu Utomo sebagai pasangan perseorangan.

"Saya menghormati Sam HC sedang berjuang di jalur perseorangan karena itu pilihan politik, hingga akhirnya beliau bisa bekerja sama dengan kami," ujarnya.

Soal Ganis Rumpoko, Made menyatakan anak mantan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sudah siap melenggang ke panggung politik tingkat kota.

Lebih lanjut, kata dia pasangan Sam HC-Ganis akan mendaftarkan diri ke KPU Kota Malang, pada Kamis (29/8).

"Besok daftar, kami datang ke Kantor KPU dan semua berkas sudah siap. Sedangkan jam masih dibahas bersama tim internal," kata anggota DPRD Kota Malang periode 2024-2029 ini.

Masa pendaftaran Pilkada 2024 dibuka selama tiga hari, yakni Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8). KPU juga akan melaksanakan tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024.

Sedangkan, tahapan pemungutan suara pada 27 November. Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024