Pasangan bakal calon Wali Kota Malang dan Wakil Wali Kota Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin datang ke kantor KPU setempat untuk menyerahkan dokumen pendaftaran Pilkada 2024 diiringi tabuhan musik hadroh dari para simpatisan.

Pantauan ANTARA di lokasi, Wahyu-Ali datang berboncengan dengan mengedarai motor matic berwarna hitam ke lokasi pendaftaran di kantor KPU Kota Malang, Jalan Bantaran sekitar pukul 14.00 WIB.

Keduanya datang berbarengan dengan ratusan simpatisan maupun kader partai pendukung yang juga menumpangi kendaraan roda dua.

Ketika tiba, keduanya tidak langsung masuk ke dalam tetapi memilih untuk menyapa warga setempat, sembari menunggu pendamping pasangan bakal calon dari perwakilan partai koalisi datang.

Bakal calon Wali Kota Malang Wahyu Hidayat seusai pendaftaran menyatakan seluruh dokumen sudah diserahkan ke komisioner KPU setempat.

"Semua partai pendukung mengantar kami daftar, semua berkas sudah diterima dan dicek," kata Wahyu.

Wahyu menyebut masih ada satu kolom tanda tangan partai pendukung yang belum terisi, yakni dari PPP. Hal itu lantaran ketua partai politik tersebut masih menjalankan ibadah umroh.

Namun, pihaknya sudah melakukan konfirmasi berkas dukungan tersebut kepada yang bersangkutan.

"Sudah dihubungi dan dikonfirmasi perihal dukungan. Dokumen yang dilampirkan sudah ditandatangani sekretaris, tinggal ketuanya," ujarnya.

Soal alasan memilih Ali Muthohirin sebagai pendamping, Wahyu menyatakan jika hal itu merupakan perpaduan antara generasi kolonial dan milenial.

Selain itu, kombinasi pasangan tersebut menjadi gambaran kolaborasi antara kalangan birokrat dan politikus sekaligus pengusaha.

"Saya yakin dengan kolaborasi bersama Mas Ali akan menghasilkan hal terbaik," ucapnya.

Pasangan Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin mendapatkan dukungan dari 13 partai politik, yakni Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, PSI, PPP, Perindo, Gelora, PKN, Garuda, PBB, Hanura, dan Partai Buruh.

Masa pendaftaran Pilkada 2024 dibuka selama tiga hari, yakni Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8). 

KPU juga akan melaksanakan tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024.

Sedangkan, tahapan pemungutan suara pada 27 November. Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024