Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (Diskop UMK-Naker) Kabupaten Pamekasan Muttaqin menyatakan Agustusan atau peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia setiap Agustus menjadi kesempatan yang baik menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Karena itu, pada HUT Kemerdekaan RI kali ini, pemkab melalui Dinas Koperasi memberikan ruang khusus bagi pelaku ekonomi di kabupaten ini dalam memasarkan produk dan hasil kerajinan di Bazar Kemerdekaan RI ini," katanya pada acara penutupan Bazar Kemerdekaan di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu malam.

Bazar di Food Colony Pamekasan itu digelar selama 19-24 Agustus 2024.

Sebanyak 79 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memasarkan hasil produknya pada kegiatan ini, termasuk 11 pelaku usaha wahana permainan anak.

Selain menggelar bazar, Pemkab Pamekasan juga memfasilitasi pertunjukan berbagai jenis hiburan dari sejumlah lembaga pendidikan untuk meramaikan kegiatan ini, sekaligus untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke Bazar Kemerdekaan tersebut.

"Melalui kegiatan ini, kami juga ingin mendidik para pelaku UMKM di kabupaten ini ke depan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan momentum dalam memasarkan hasil usahanya," katanya.

Muttaqin menjelaskan kemampuan memanfaatkan kesempatan dalam memasarkan hasil usaha salah cara dalam melakukan pemasaran, selain pola pemasaran modern seperti melalui media sosial.

"Jadi, melalui kegiatan ini, ada dua hal pokok yang menjadi pijakan kami, yakni merayakan kemerdekaan dan membantu memasarkan produk hasil kerajinan warga Pamekasan," katanya.

Ia berharap, kegiatan seperti itu nantinya juga bisa digelar oleh pemerintahan di berbagai tingkat, seperti tingkat kecamatan dan desa.

"Dengan cara seperti ini, maka upaya menggerakkan ekonomi kerakyatan akan semakin masif dan tentunya akan berdampak positif kepada mereka," katanya.

Kegiatan lain yang digelar Pemkab Pamekasan dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI kali ini lomba antar-organisasi perangkat daerah, karnaval budaya antar-sekolah dan lomba kebersihan antardesa se-Kabupaten Pamekasan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024