PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) mendukung kemajuan pariwisata dengan memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar berupa pembangunan replika pesawat terbang dan pedestal (penyangga pesawat) di area Museum PETA.

Direktur Manajemen Risiko Bank Jatim Eko Susetyono menyatakan dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat menambah daya tarik wisata, sehingga berdampak terhadap peningkatan jumlah kunjungan di Kota Blitar dan kawasan sekitarnya.

“Apalagi Kota Blitar merupakan jalur konektivitas daerah selatan Jawa Timur. Wujud bantuan ini selaras dengan program Pemkot Blitar yang mengedepankan serta mendorong potensi pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Eko, di Surabaya, Selasa.

Menurutnya, selama ini yang menjadi andalan Kota Blitar adalah makam Bung Karno, karena sangat terkenal dan mampu menarik wisatawan sehingga adanya replikasi pesawat terbang dan pedestal tersebut diharapkan dapat menambah ikon baru wisata sejarah di Kota Blitar.

Ia menuturkan wisatawan pun pada akhirnya memiliki pilihan tempat wisata lebih banyak ketika berkunjung ke Blitar yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah setempat dan sekitarnya.

Wali Kota Blitar Santoso mengucapkan terima kasih atas bantuan pembangunan replika pesawat terbang dan pedestal di area Museum PETA Kota Blitar.

Santoso menjelaskan ikon baru di Museum PETA akan mampu mengembangkan potensi wisata Kota Blitar termasuk dalam hal ekonomi kreatif.

“Ini akan mampu memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat maupun pemerintah dan menjadikan Kota Blitar sebagai Kota Budaya dan Pariwisata,” ujarnya pula.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024