PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengajak para pelanggan yang berada di stasiun maupun di atas kereta api untuk menghentikan sejenak aktifitasnya dan berdiri dengan sikap sempurna saat lagu Indonesia Raya berkumandang saat detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan hal tersebut bertujuan untuk mengajak pelanggan tetap menyemarakkan semangat nasionalisme dalam momen memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Para petugas menginstruksikan ke pelanggan melalui pengeras suara untuk berdiri, baik saat berada di stasiun maupun di atas kereta api tepat saat detik-detik Proklamasi jam 10.10 WIB," katanya di Surabaya, Sabtu.

Selain itu, pihaknya juga membagikan cenderamata menarik bagi pelanggan KA jarak jauh kelas Luxury dan Compartmen Suite Class, yakni KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Gambir serta penumpang KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir.

"Para petugas frontliner KAI Daop 8 Surabaya juga kompak menggunakan pakaian adat dan juga pejuang kemerdekaan saat melayani para pelanggan untuk menciptakan nuansa kemerdekaan kepada pelanggan," ucapnya.

Tak hanya itu, bentuk semarak HUT ke-79 RI di Daop 8 Surabaya juga makin kental dengan adanya pemasangan livery khusus pada sejumlah rangkaian kereta api jarak jauh.

"Livery khusus HUT ke-79 RI dipasang di KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng-Bandung, KA Turanggan relasi Surabaya Gubeng-Bandung, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir, KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Gambir dan KA Gajayana relasi Malang-Gambir," ujarnya.

Luqman menjelaskan, adapun livery khusus tersebut berlatar warna merah dengan gambar siluet peta Indonesia logo Kemerdekaan Ke-79 RI dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", serta tulisan "Dirgahayu Republik Indonesia" #KAIUNTUKINDONESIA berwarna putih.
 
"Teks KAI UNTUK INDONESIA pada livery tersebut memiliki makna KAI terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia berbasis moda transportasi kereta api yang sesuai dengan visi misi perusahaan," katanya.

Sedangkan di stasiun, kata Luqman, para calon pelanggan akan dimanjakan dengan berbagai ornamen Merah Putih.

“Seluruh Stasiun di wilayah Daop 8 Surabaya telah dipasangi berbagai ornamen Merah Putih dan juga umbul-umbul bendera yang bertuliskan 79 Nusantara Baru, Indonesia Maju,” tuturnya.

Pihaknya berharap dengan hadirnya ornamen serta Livery di lingkungan KAI dalam memperingati HUT ke-79 RI, dapat memberikan semangat nasionalisme bagi pelanggan KA melalui transportasi kereta api.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024