Penjabat Wali Kota Malang Iwan Kurniawan mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI menjadi jalan untuk menuju tercapainya cita-cita Indonesia Emas padq 2045.

"Pada HUT ke-79 tahun ini tentu harapan kami untuk Indonesia semoga terus maju untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045," kata Iwan seusai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 tahun RI di Balai Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Dia menyatakan untuk menuju Indonesia Emas di 2045 perlu dilakukan beragam persiapan, seperti pelaksanaan pembangunan berkelanjutan hingga sumber daya manusia (SDM).

Iwan mengajak seluruh warga Kota Malang senantiasa berpartisipasi dalam upaya mewujudkan program yang digaungkan di tingkat Nasional itu.

"Semoga semua semakin baik dan tercapai. Semakin sejahtera semakin maju dan baik kedepannya untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, dia menyebut pada momen hari kemerdekaan ini diharapkan bisa ditindaklanjuti dengan penguatan koordinasi antar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Malang untuk terus menghadirkan manfaat bagi masyarakat, melalui program kerja di setiap instansi.

"Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Saya bisa hadir ikut dan berkomunikasi dengan seluruh pemangku kebijakan dan para tokoh agama, camat, lurah," ucap dia.

Pantauan ANTARA di lokasi, upacara peringatan HUT ke-79 tahun RI di Kota Malang dimulai sekitar pukul 08.10 WIB. Acara dibuka dengan pembacaan daftar regu peserta upacara, seperti dari Dinas Perhubungan, kepolisian, TNI, Satpol PP, hingga Dinas Pemadam Kebakaran Kota Malang.

Setelah itu, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika naik ke atas podium untuk membacakan teks proklamasi dan disusul dengan pengibaran bendera merah putih oleh regu paskibraka yang berasal dari sejumlah SMA di wilayah setempat.

Di penghujung acara, jajaran Forkompimda Kota Malang juga menyaksikan detik-detik proklamasi yang diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sekitar pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024