Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengukuhkan 75 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Taman Blambangan, pada 17 Agustus 2024.

Dalam keterangannya, pengukuhan Paskibraka yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur itu dijalani oleh seluruh anggota Paskibraka yang telah melalui pemusatan pelatihan selama 15 hari, mulai pelatihan baris berbaris hingga penguatan karakter Pancasila.

"Pengukuhan ini bermakna mengukuhkan diri, mengukuheratkan niat untuk bersikap dan berperilaku sesuai Pancasila dalam kehidupan sehari hari," kata Ipuk dalam sambutannya, Kamis (15/8) malam.

Pengukuhan berlangsung dengan pembacaan 'Ikrar Putra Indonesia", suasana khidmat begitu terasa dalam prosesi pengukuhan tersebut, seluruh peserta tampak larut mengucapkan dan melakukan prosesi mencium bendera Merah Putih sembari diiringi lagu "Padamu Negeri".

"Selamat kepada seluruh Paskibraka yang telah dikukuhkan. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dan kesuksesan kepada kalian dalam menunaikan bhakti dan cinta kepada bangsa Indonesia. Selamat menjalankan tugas, dan semoga dilancarkan saat pelaksanaan upacara kemerdekaan,” kata Ipuk.

Ipuk berpesan agar semangat nasionalisme, patriotisme, dan jiwa kepemimpinan yang terbentuk tidak hanya berhenti pada momentum peringatan kemerdekaan saja, namun harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Turut hadir dalam pengukuhan Paskibraka tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono, Dandim 0825 Letkol Joko Sukoyo, DPRD Banyuwangi Marifatul Kamilah, serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Polresta Banyuwangi, serta Lanal Banyuwangi.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024