Bupati Situbondo Karna Suswandi menyatakan indeks reformasi birokrasi pemkab setempat pada tahun 2023, naik atau meningkat menjadi 70,14 persen bila dibandingkan tahun 2022 berada di angka 68,83 persen atau meningkat 1,31 persen.

"Ini menunjukkan nilai kemajuan pelaksanaan program reformasi birokrasi mencapai sasaran, yakni mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, kapabel serta birokrasi yang mampu memberikan pelayanan publik secara prima," katanya dalam sambutannya pada Upacara Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-206 di Alun-Alun Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Bung Karna, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa Situbondo mengalami kemajuan cukup signifikan mulai dari aspek fisik maupun sosial budaya, ekonomi dan lingkungan.

Baca juga: Bupati Situbondo awali Harjakasi dengan beri santunan anak yatim

Kemajuan tersebut ditandai dengan capaian kinerja Pemkab Situbondo yang semakin baik, di antaranya indeks pembangunan manusia atau IPM mengalami kenaikan, yakni pada tahun 2022, di angka 69,76 persen dan pada tahun 2023, naik menjadi 70,65 persen.

Sementara itu, kata Bung Karna, angka kemiskinan juga terus mengalami penurunan, pada tahun 2023 di angka 11,90 persen, turun menjadi 11,51 persen pada tahun 2024, sesuai rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Situbondo.

Bupati mengungkapkan pertumbuhan ekonomi sempat terkontraksi dan terdegradasi minus 2,33 persen akibat pandemi, dan pada 2021, meski masih masa pandemi pertumbuhan ekonomi mampu tumbuh positif 3,26 persen dan pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi naik lagi menjadi 4,39 persen.

Pada tahun 2023, lanjut ia, pertumbuhan ekonomi kembali naik di angka 4,9 persen, sehingga ini menjadi indikasi bahwa selama kepemimpinan Bupati Karna Suswandi dan Wabup Nyai Khoirani pertumbuhan ekonomi di Situbondo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Semoga peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-206 Tahun 2024 menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang dilakukan oleh kita," kata Bung Karna.

Menurut Bupati, memperingati Harjakasi ini merupakan salah satu wujud penghargaan terhadap para pendahulu dalam membangun peradaban di Kabupaten Situbondo.

"Saya sebagai Bupati Situbondo mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut berkontribusi positif sejalan dengan yang sudah diraih Pemkab Situbondo," ujarnya.

Bupati Karna Suswandi juga memberikan apresiasi kepada para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, termasuk kepada wartawan yang telah membantu dan memberikan kontribusi positif pencapaian pembangunan di Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024