Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengumumkan bahwa jumlah pemilih masuk daftar pemilih sementara (DPS) yang berhak berpartisipasi dalam pemungutan suara di Pilkada serentak 2024 di daerah itu sebanyak 763.825 orang.

"Ini (DPS) kami putuskan setelah menggelar rapat pleno, Sabtu (10/8) kemarin," kata Komisioner KPU Khusnul Khotimah di Ponorogo, Selasa.

Mengacu DPS itu, jumlah pemilih dalam pilkada bertambah sebanyak 5.147 orang dibanding DPT Pemilu Presiden pada Februari 2024 yang saat itu tercatat sebanyak 758.688 orang.

"Jadi ada kenaikan jumlah pemilih sebanyak 5.147 orang, tapi jumlah tersebut masih sementara bisa naik bisa turun hingga pengumuman DPT nanti," lanjut Khusnul.

Dari jumlah DPS sebanyak 763.825 orang tersebut pemilih perempuan masih mendominasi dengan jumlah 387.109 jiwa, sedangkan laki laki 376.716 jiwa.

Khusnul menyebut jika jumlah DPS yang telah ditetapkan tersebut turun jika dibandingkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Kabupaten Ponorogo tercatat 771.168 jiwa.

"Hasil DPS itu selanjutnya nanti akan diplenokan di KPU Jawa Timur," katanya.

Setelah rapat pleno di Jawa Timur nanti, pihaknya akan mengumumkan hasil DPS ke masyarakat.

Ia juga menyebutkan bagi masyarakat yang belum masuk dalam DPS setelah pengumuman bisa melaporkan ke panitia pemilihan suara ( PPS) tempat tinggal masing masing.

"Karena ini masih sementara bisa berubah karena nanti ada mekanisme daftar pemilihan sementara tambahan," ujarnya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024