Pj. Wali Kota Madiun Jawa Timur Eddy Supriyanto menerima penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan berupa Piagam Apresiasi Pembinaan tersebut diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto di Jakarta Convention Center Hall B, Jakarta pada Jumat (9/8/2024).

"Saya ucapan terima kasih kepada semua tim dan masyarakat. Ini pencapaian tertinggi dari Kota Madiun yang diberikan oleh Kementerian LHK. Semoga bisa menjadi pemacu semua wilayah untuk bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih, hijau, dan bebas sampah," ujar Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto.

Menurutnya, penghargaan dan apresiasi tersebut tidak lepas dari peran kepala daerah serta dukungan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan di Kota Madiun yang asri dan bersih.

Selain penghargaan untuk kepala daerah sebagai pembina proklim, Kota Madiun juga meraih 11 penghargaan lain di ajang Proklim 2024 tersebut. Sehingga tahun ini Kota Madiun meraih 12 penghargaan sekaligus dalam Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2024.

Sesuai data, terdapat 11 lingkungan tingkat RW di Kota Madiun yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Yaitu RW 8 Kelurahan Rejomulyo berhasil meraih penghargaan Trofi Proklim Lestari. 

Kemudian, 10 wilayah RW lain yang mendapatkan sertifikat Proklim Utama yaitu RW 4 Kelurahan Kartoharjo, RW 8 Kelurahan Demangan, RW 3 Kelurahan Patihan, RW 2 Kelurahan Madiun Lor, RW 10 Kelurahan Winongo, RW 11 Kelurahan Nambangan Lor, RW 2 Kelurahan Kelun, RW 1 Kelurahan Pilangbango, RW 6 Kelurahan Tawangrejo, dan RW 3 Kelurahan Ngegong.

Dengan demikian, total sudah ada 37 lingkungan RW di Kota Madiun yang sudah mendapatkan penghargaan proklim sejak tahun 2020 hingga sekarang. Baik berupa trofi maupun sertifikat. Rinciannya, dua trofi proklim lestari, lima trofi proklim utama, dan 30 sertifikat proklim utama.
Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto berfoto bersama perwakilan 11 RW di Kota Madiun, Jatim yang meraih penghargaan Proklim 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Jakarta, Jumat (9/8/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Agus Tri Tjahjanto mengungkapkan bahwa pencapaian itu menunjukkan semangat warga Kota Madiun dalam melestarikan lingkungan. 

"Di Kota Madiun ada 27 kelurahan. Dengan banyaknya total penghargaan, yakni 37 penghargaan proklim yang sudah diraih sejak 2020, berarti satu kelurahan ada yang mendapatkan lebih dari satu penghargaan proklim," katanya.

Untuk itu, Agus berharap prestasi ini bisa memacu semangat lingkungan RW lainnya yang belum mendapatkan penghargaan agar bisa menyusul wilayah yang sudah mendapatkan apresiasi.

"Untuk RW yang mendapatkan penghargaan trofi proklim lestari akan membina lingkungan RW lainnya. Semoga ke depan semakin banyak RW di Kota Madiun yang mendapatkan penghargaan dan bisa memenuhi target Presiden Joko Widodo untuk desa proklim," katanya. 


Dasar Hukum :
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 Tentang Cukai. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024