Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Jawa Timur Sersan Mayor (Purn) Handri Israwan mengajak anak-anak muda memperkuat semangat nasionalisme dengan terlibat langsung dan membantu mengatasi beragam persoalan bangsa.

Handri di Kota Batu, Sabtu, menyatakan tantangan mempertahankan keutuhan bangsa di era modern tak kalah beratnya dengan yang dihadapi oleh para pejuang saat merebut kemerdekaan.

"Di masa sekarang ini setiap anak muda punya tugas mempertahankan keutuhan bangsa, itu juga tidak mudah," kata Handri.

Handri menyebut jika pada era dahulu, perjuangan merebut kemerdekaan dengan angkat senjata. Saat ini upaya mempertahankan kemerdekaan dilakukan dengan meningkatkan kemampuan intelektual dan kepedulian antarsesama.

Lebih lanjut, penerapannya tidak harus langsung dari skala yang besar, tetapi dimulai dengan aktif menyalurkan pemikiran membangun lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Semangat nasionalismenya anak muda tidak boleh luntur dan harus tetap kuat untuk masa depan bangsa kita," ujarnya.

Dia juga mengimbau generasi penerus bangsa memanfaatkan waktu dengan mengikuti beragam kegiatan positif untuk meningkatkan pengalamannya.

"Dan saya mohon anak-anak muda juga menghindari hal-hal yang merugikan, seperti narkoba karena itu tantangan berat," ucapnya.

Sementara, Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan peringatan Hari Veteran Nasional ke-75 menjadi jalan menumbuhkan semangat melanjutkan cita-cita dan perjuangan para pahlawan terdahulu. 

"Kami terus berusaha menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap damai, aman, sejahtera, serta melanjutkan perjuangan pendahulu kita," kata Aries.

Aries menyatakan manifestasi dari keberlanjutan perjuangan pahlawan ditunjukkan melalui langkah pembangunan segala aspek kehidupan masyarakat, dengan mengedepankan rasa persatuan dam kegotongroyongan antar anak bangsa.

"Apa yang telah kami lakukan saat ini mungkin belum banyak, namun usaha ini akan terus kami lanjutkan. Pemimpin pendahulu telah berjuang untuk memperhatikan veteran," ujar dia.

Dia berharap langkah yang sudah dilakukan di masa sekarang bisa berlanjut ke generasi selanjutnya, sehingga upaya merawat perjuangan terus hidup di segenap anak bangsa.

"Kami mohon doa restu agar kami dan para pemimpin selanjutnya dapat meneruskan perjuangan ini," katanya.

Peringatan Hari Veteran Nasional di Kota Batu diselenggarakan di Graha Pancasila, Komplek Balai Kota Among Tani. Pada acara itu forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) setempat secara simbolis menyerahkan bantuan sosial insentif kepada perwakilan veteran dan janda veteran.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024