Produsen popok dan pembalut PT Uni Charm Indonesia berinovasi dengan meluncurkan produk pembalut wanita berbahan bio material dari tanaman tebu, batu kapur, minyak botani dan resin alami. 

Head of Corporate Planning Division PT Uni Charm Indonesia Heni Indrayati dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa, mengatakan tak hanya pembalut wanita, popok bayi hingga tisu buatan perusahaan ini juga menggunakan bio material.

"Pembalut wanita berbahan bio material menggunakan seratus persen bio fiber sehingga lebih lembut di kulit si pemakainya serta lebih ramah lingkungan bila dibandingkan produk serupa yang menggunakan minyak bumi," katanya.

Untuk popok bayi itu, kata dia, menggunakan 80 persen bio material meliputi kemasan dan bagian-bagian lain. Khusus pada top sheet yang bersentuhan dengan kulit bayi menggunakan 100 persen kapas organik yang aman.

Baca juga: Pemkab gelar vaksinasi polio serentak sasar 80.206 anak Ponorogo

"Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan produk bagi orang tua dan anak yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga nyaman digunakan," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Uni Charm Indonesia Takumi Terakawa menyebut berdasar riset yang mereka lakukan, kesadaran konsumen pembalut wanita terhadap lingkungan meningkat hingga dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Di sisi lain, popok berbahan alami juga menjadi poin pertimbangan bagi konsumen dalam memilih produk ini.

Untuk itu, ia menegaskan bila pihaknya telah mengembangkan produk berbahan bio material sejak tahun 2022, demi kelestarian lingkungan.

"Kami bertekad untuk memberikan kontribusi lebih besar terhadap penurunan penggunaan plastik yang berasal dari minyak bumi," tutupnya.
 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024