Jenama perawatan luka Hansaplast bersama pusat pelayanan khitan menggelar kegiatan sosialisasi penanganan pertolongan pertama pada luka, khususnya pascakhitan agar tepat penanganannya.

Junior Brand Manager Hansaplast Tasya Yolantika di sela kegiatan "Sunat Massal Gratis" di Rumah Khitan dr Mahdian Surabaya, Jumat, mengatakan luka ringan bisa dihadapi oleh siapa saja bahkan pascakhitan. Dengan pertolongan pertama yang tepat, merupakan cara terbaik untuk melindungi terhadap adanya kemungkinan infeksi.

"Kami berharap kegiatan sunat massal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan layanan kesehatan terutama pascakhitan sebagai perawatan agar luka cepat kering," ujarnya.

Sementara itu, dokter di Rumah Sunat dr Mahdian dr. Jauhar Nafies mengatakan perawatan pascasunat sangat penting dilakukan agar luka cepat kering meskipun dalam penanganannya dilakukan di rumah sendiri.

Bila terjadi luka, lanjutnya, selalu ingat untuk bersihkan luka dengan cairan antiseptik supaya tidak terjadi infeksi.

"Untuk memudahkan bisa menggunakan spray yang mengandung Polyhexamethylene biguanide atau PHMB yang terbukti bisa membunuh bakteri dan mencegah infeksi. Kemudian lindungi luka dengan plester luka dan terakhir bila diperlukan penyembuhan yang lebih cepat, bisa menggunakan salep luka," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024