Ketua Kontingen Indonesia Del Asri mengincar mematahkan rekor Thailand dengan mendapatkan lebih dari 109 medali emas dan terbanyak selama gelaran ASEAN University Games (AUG) 2024.

“Masih ada target medali emas dalam dua hari ke depan. Selain itu, masih ada satu target lagi yang bisa kita kejar, yakni memecahkan rekor raihan emas terbanyak yang pernah dibuat Kontingen Indonesia di AUG Thailand sebelumnya, yakni 109 emas," ujar Del Asri dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Kamis.

Saat ini, kata Sel Asri, kontingen Indonesia sudah mengunci gelar sebagai juara umum dengan mengoleksi 100 emas, 79 perak, 53 perunggu.

"Alhamdulillah, hari ini Kontingen Mahasiswa Indonesia bisa memastikan meraih target Juara Umum AUG 2024, saat masih ada 50 nomor pertandingan yang akan diperebutkan. Saat ini Indonesia memanen 17 medali emas, 12 perak, 10 perunggu," katanya.

Hasil perolehan medali emas Indonesia, lanjutnya, dapat diraih berkat kerja sama semua pihak yang telah berjuang untuk Merah Putih, mulai dari atlet, pelatih, hingga tim pendukung sport science.

“Semua ini bisa dicapai karena kerja keras dan semangat juang tinggi dan performa luar biasa dari para atlet mahasiswa Indonesia saat pertandingan," tuturnya.

Del Asri menjelaskan, peran penting para pelatih cabang olahraga dalam mempersiapkan para atlet saat persiapan dan mengatur strategi  jitu saat pertandingan, juga mempengaruhi perolehan medali dalam ajang kejuaraan antarmahasiswa se-Asia Tenggara itu.

"Jangan dilupakan juga tim pendukung sports science yang komplit mulai dari sports analyst, dokter spesialis kesehatan olahraga, psikolog olahraga, fisioterapi, paramedik dan masseur,” katanya.

Berikut rincian perolehan medali sementara AUG 2024 pada Kamis, 4 Juli 2024, pukul 23.00 WIB :

Indonesia: 100 emas, 79 perak, 53 perunggu
Thailand: 36 emas, 34 perak, 24 perunggu
Malaysia: 28 emas, 32 perak, 44 perunggu
Singapura: 9 emas, 20 perak, 26 perunggu
Vietnam: 9 emas, 8 perak, 4 perunggu
Laos: 3 emas, 2, perak, 5 perunggu
Filipina: 2 emas, 3 perak, 5 perunggu
Myanmar: 1 emas, 8 perak
Kamboja: 1 emas, 4 perak, 2 perunggu
Brunei Darussalam: 1 emas
Timor Leste: 6 perunggu

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024