Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, Jumat, menanam sekitar 3.000 bibit tanaman bakau atau mangrove dengan melibatkan komponen masyarakat dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Bhayangkara tahun 2024.

Penanaman bibit pohon mangrove dalam upaya melestarikan ekosistem pantai kali ini dilaksanakan di Pantai Desa Gelung, Kecamatan Panarukan.

"Berbagai kegiatan sudah kami laksanakan rangkaian HUT Ke-78 Bhayangkara, mulai kegiatan sosial memberikan bantuan sembako, pembangunan sumur bor dan lainnya, dan penanaman mangrove ini adalah yang kesekian kalinya," kata Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto di Situbondo, Jumat.

Penanaman ribuan bibit mangrove ini, lanjut dia, tidak lain bertujuan untuk pelestarian hutan bakau atau mangrove di wilayah pantai Situbondo.

Baca juga: Polres Situbondo gelar khitan gratis anak yatim dan piatu

Karena, menurut Kapolres Dwi SR, tanaman mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya erosi dan juga menjadi tempat berkembang biak ikan atau biota laut lainnya.

"Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan komponen masyarakat dan pemangku kepentingan terkait lainnya guna mencegah adanya pengikisan pantai," katanya.

Kapolres menambahkan, agar tanaman bakau tersebut tetap hidup pihaknya berupaya untuk menjaga agar tumbuh subur dan tidak diterjang gelombang.

"Maka dari itu kami juga bekerja sama dengan masyarakat desa setempat untuk menjaga tanaman mangrove ini tetap hidup sehingga bermanfaat," tutur AKBP Dwi SR.

Sebelumnya, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto juga memberikan beasiswa kepada tiga orang siswa berprestasi.

Kegiatan bakti sosial oleh polisi tidak hanya menunjukkan komitmen kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian sosial terhadap lingkungan dan dunia pendidikan.

"Pemberian bantuan beasiswa kepada tiga pelajar berprestasi ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan bagi siswa yang tekun dan rajin belajar sehingga meraih prestasi," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024