Perhelatan ASEAN University Games XXI 2024 yang telah memasuki hari ketiga, Kamis, 27 Juli 2024, hingga pukul 22.50 WIB, kontingen tuan rumah Indonesia masih memimpin klasemen sementara.

PIC AUG 2024 Prof Nurhasan dalam keterangannya di Surabaya, Kamis mengatakan pada hari ketiga kompetisi, sudah ada sekitar 42 medali yang diraih oleh masing-masing kontingen.

Artinya, kata Cak Hasan, sapaan akrabnya, masih ada sekitar 208 medali lagi yang bisa diperebutkan dalam pertandingan beberapa hari ke depan.
 
"Kalau dari yang saya perhatikan, kompetisi berlangsung sangat sengit, semua tim kontingen saling beradu kemampuan terbaiknya. Meski sengit, semua tetap menunjukkan sportivitas di atas lapangan," ucapnya.
 
Kontingen Indonesia berhasil mengumpulkan sebanyak 26 medali emas, 20 perak dan sembilan perunggu, dari seluruh cabor yang telah diikuti.
 
Ajang yang mempertandingkan 21 cabang olahraga (cabor) itu, ke-11 negara berjuang meraih medali sebanyak-banyaknya untuk mencapai juara umum.

Posisi kedua klasemen AUG 2024, diduduki tim asal Negeri Jiran Malaysia, yang telah mengumpulkan 21 total perolehan medali, dengan rincian delapan emas, empat perak, dan sembilan perunggu.
 
Pada posisi ketiga, disusul tim Negeri Gajah Putih atau Thailand dengan perolehan sebanyak 14 medali, yakni tiga emas, tujuh perak dan empat perunggu.
 
Posisi keempat dihuni oleh Vietnam yang berhasil mengantongi dua medali emas dan dua perunggu. Berdasarkan jalannya pertandingan sementara, Vietnam terus mengejar Thailand yang terpaut satu medali emas.
 
Posisi kelima hingga terakhir, masing-masing diduduki Kamboja dengan satu emas, satu perak dan satu perunggu. Lalu, Laos dengan satu emas dan dua perunggu, kemudian, Brunei Darussalam dengan satu emas.
 
Posisi kedelapan, Singapura mengantongi delapan perak dan sepuluh perunggu. Selanjutnya, Myanmar dengan dua perak dan Filipina masih meraih satu perunggu.

Sementara, kontingen Timor Leste masih belum meraih medali di posisi kesebelas klasemen.
 
Berikut rincian perolehan medali sementara AUG 2024 pada Kamis, 27 Juni 2024, pukul 22.00 WIB : 

Indonesia: 26 emas, 20 perak, 9 perunggu
Malaysia: 8 emas, 4 perak, 9 perunggu
Thailand: 3 emas, 7 perak, 4 perunggu
Vietnam: 2 emas, 2 perunggu
Kamboja: 1 emas, 1 perak, 1 perunggu
Laos: 1 emas, 2 perunggu
Brunei Darussalam: 1 emas
Singapura: 8 perak, 10 perunggu
Myanmar: 2 perak
Filipina: 1 perunggu
Timor Leste: 0

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024